Sport

Hasil Kualifikasi MotoGP Australia: Martin Sabet Pole, Marquez Mengancam

Jorge Martin bakal start dari grid terdepan MotoGP Australia. Namun Marc Marquez berpotensi menjadi ancaman.

Featured-Image
Jorge Martin meraih pole position di kualifikasi MotoGP Australia, Sabtu (15/10). Foto: Medcom

bakabar.com, MELBOURNE - Jorge Martin bakal start dari grid terdepan MotoGP Australia. Namun Marc Marquez berpotensi menjadi ancaman.

Jorge Martin menguasai sesi kualifikasi di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (15/10), setelah membukukan waktu tercepat 1 menit 27,767 detik.

Inilah pole position ketiga yang diraih Martin di musim 2022 setelah Qatar dan Amerika, atau pencapaian ketujuh sepanjang karier di MotoGP.

Menariknya waktu lap 1 menit 27,767 detik juga menjadi rekor lap baru Sirkuit Phillip Island, sekaligus memecahkan rekor lap tercepat milik Jorge Lorenzo yang bertahan selama 9 tahun.

Jorge Lorenzo membukukan waktu 1 menit 27,899 detik semasa memperkuat Yamaha Movistar, serta memakai ban Bridgestone.

"Senang mampu memecahkan rekor lap tercepat di Phillip Island. Tetapi yang terpenting adalah balapan dan semoga saya bisa kompetitif," papar Martin seperti dilansir MotorSport.

Start dari posisi terdepan, Martin berpeluang meraih kemenangan pertama di musim 2022, setelah hasil maksimal sebelumnya hanya podium kedua di Argentina dan Barcelona.

Namun demikian, Martin tak bisa berleha-leha lantaran akan start di samping Marc Marquez yang hanya tertinggal 0,013 detik di kualifikasi.

Pun kondisi fisik Marquez tampak membaik signifikan, sejak kembali membalap di MotoGP Aragon. Pembalap Repsol Honda ini mampu merebut pole position dan finis keempat Jepang, serta peringkat kelima di Thailand.

Faktor sejarah MotoGP Australia juga tidak bisa dipisahkan dari karier Marquez. 4 podium utama berhasil diduduki, 3 di antaranya di kelas MotoGP 2015, 2017 dan 2019.

"Saya cukup puas bisa start di baris terdepan, karena pembalap Ducati sulit dikejar di trek lurus. Saya akan tetap berusaha untuk meraih kemenangan," tegas Marquez.

Sementara tiga pembalap yang tengah bersaing dalam perebutan gelar, akan memulai MotoGP Australia di baris berikutnya.

Berturut-turut Francecso Bagnaia, Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo start dari posisi ketiga, keempat, dan kelima.

Di sisi lain, hasil kualifikasi MotoGP Australia cukup mengejutkan. Enea Bastianini yang masih berpeluang berburu gelar juara dunia, start dari luar sepuluh besar.

Pembalap Ducati Gresini itu akan start di belakang Alex Marquez dan Maverick Vinales.

Balapan MotoGP Australia digelar, Minggu (15/10), serta akan disiarkan langsung melalui Trans7 mulai pukul 11.00 Wita.

Editor


Komentar
Banner
Banner