Nasional

Harumkan Indonesia, Briptu Tiara Nissa Zulbida Lulusan Berprestasi Akademi Polisi Turki Viral

Anggota Polisi Wanita (Polwan) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bernama Briptu Tiara Nissa Zulbida menjadi viral setelah berhasil menyabet predikat

Featured-Image
Anggota Polisi Wanita (Polwan) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bernama Briptu Tiara Nissa Zulbida menjadi viral setelah berhasil menyabet predikat lulusan berprestasi di Akademi Kepolisian Turki. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Anggota Polisi Wanita (Polwan) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bernama Briptu Tiara Nissa Zulbida menjadi viral setelah berhasil menyabet predikat lulusan berprestasi di Akademi Kepolisian Turki.

Ia sukses dinobatkan sebagai lulusan terbaik dari Sekolah Kejuruan Polisi Akademi Kepolisian Golbasi, Turki, pada Rabu, (26/7).

Dalam Akademi Kepolisian (Akpol) Turki itu, Tiara Nissa meraih peringkat lima besar dan berhasil maju sebagai perwakilan 87 siswa tamu dari 16 negara di dunia.

Adapun Briptu Tiara Nissa lulus bersama dua anggota Polri lainnya, yakni Ipda Regina Setiawan dari Polda Kepri dan Bripka Hilman Lasmana dari Polda Jawa Barat.

Saat dinobatkan sebagai lulusan berprestasi di Akpol Turki, perempuan yang akrab disapa Nissa ini mendapat kesempatan pertama untuk menyampaikan kata sambutan di hadapan Presiden Republik Turki, Recep Tayyib Erdogan.

Dalam acara kelulusan Akpol Turki itu, dihadiri pula sejumlah pejabat, di antaranya Menteri Dalam Negeri Republik Turki Ali Yerlikaya, Kepala Kepolisian Republik Turki Erol Ayyildiz.

Hadir pula Duta Besar dan Atase Kepolisian dari Negara tamu undangan yang termasuk salah satunya Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki, Lalu M. Iqbal.

"Bapak Presiden yang saya hormati, kami datang ke Akademi Kepolisian Turki ini dari 16 Negara yang berbeda namun memiliki mimpi dan tujuan yang sama yaitu untuk dapat melayani negara kami dengan loyalitas dan kesuksesan," kata Briptu Tiara Nissa berbahas Turki.

Nissa mengaku bangga bisa lulus dari Akademi Kepolisian Turki 2023. Menurutnya, pendidikan kepolisian tersebut bisa menjadi bekal untuk memberikan pelayanan terbaik untuk bangsa dan negara.

"Saya bangga lulus hari ini setelah melewati pendidikan Kepolisian yang kami terima di Akademi Kepolisian Turki, yang merupakan Instansi terkemuka negara Republik Turki, yang telah menerima kami di dalam milestone perjalanan ini untuk bisa memberikan pelayanan terbaik untuk bangsa dan negara," tuturnya.

Nissa juga menyampaikan bahwa peran dari setiap lulusan Akademi Kepolisian Turki sangatlah penting untuk bisa membawa nilai-nilai kebudayaan.

Serta visi dan misinya diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada bangsa dan negaranya masing-masing.

"Selama ini kami menerima pelatihan dari Akademi Kepolisian Turki yang dipersiapkan secara profesional dan berkesempatan untuk dapat mengadopsi budaya beserta visi dan misinya yang akan memberikan kontribusi bagi kami dan masyarakat," kata Briptu Nissa.

Sementera itu, Erdogan secara langsung memberikan cinderamata kelulusan kepada Nissa sebagai salah satu peserta didik terbaik.

Erdogan juga sempat bersalaman dengan Briptu Nissa. Orang nomor satu di Turki itu juga menitipkan salamnya untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Benden Widodo’ya Selam, Endonezya’ya Selam (salam dari saya untuk Bapak Joko Widodo dan salam untuk Indonesia)," ucap Erdogan.

Nissa dan dua koleganya dijadwalkan akan pulang ke Indonesia pada tanggal 29 Agustus 2023 mendatang.

Sebagai informasi, Tiara Nissa adalah seorang anggota Polri yang berpangkat Brigadis Polrisi Satu atau disingkat Briptu.

Wanita bernama lengkap Tiara Nissa Zulbida ini berasal dari Pasuruan, Jawa Timur (Jatim). Di Polri, Briptu Nissa ditugaskan di Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur.

Dalam menjalankan tugasnya, Nissa sehari-hari mengenakan hijab. Ia memulai pendidikan Akademi Kepolisian di Pusat Pelatihan Kepolisian Negara Republik Turki pada tahun 2021.

Di tahun 2023, Nissa berhasil menyelesaikan pendidikannya, sebagaimana yang sudah disingung di atas.

Editor


Komentar
Banner
Banner