Pemilu 2024

Hari Ketiga Pendaftaran Caleg di KPU Kota Bekasi Masih Nihil

Memasuki hari ketiga pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kota Bekasi terpantau belum ada satupun Partai Politik (Parpol) yang mendaftar ke Komisi

Featured-Image
Ilustrasi pemilu. Foto: Kompas

bakabar.com, BEKASI - Memasuki hari ketiga pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Kota Bekasi terpantau belum satupun partai politik (parpol) yang mendaftar ke KPU.

“Ini sudah hari ketiga ya, sampai saat ini belum ada,” kata Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni, Rabu (3/5).

Menurutnya, hingga saat ini para parpol masih terkendala dengan kelengkapan administrasi.

“Kalau yang lain belum, kalau saya perhatikan masih memenuhi kelengkapan berkas ada yang baru MCU, bikin SKCK, surat dari Pengadilan, ada beberapa yang terlihat masih proses,” jelasnya.

Baca Juga: Kumpulin Petinggi Parpol ke Istana: Presiden Bikin Skema 'All Jokowi's Man'

Kendati demikian, Sumarheni mengungkap dari total 18 parpol yang ada di Kota Bekasi, telah ada tiga parpol yang akan mendaftar namun dengan waktu yang telah ditentukan.

“Tapi kalau secara informal memang ada tiga parpol pertama Nasdem itu tanggal 5, dan PSI tanggal 5, serta PPP akan datang tanggal 10,” ungkapnya.

Sebagai upaya mengantisipasi terjadinya penumpukan pendaftaran di Kantor KPU Kota Bekasi, Sumarheni mengatakan pihaknya telah membuatkan google form untuk parpol memastikan tanggal pendaftarannya.

Baca Juga: Ketum Parpol KIB Tiba di Rumah Dinas Airlangga, Bahas Koalisi Besar?

“Jadi kami sudah bermohon dengan google form untuk memastikan kapan mereka mendaftar caleg di KPU sehingga hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadi penumpukan, sebab jumlah partai saat ini ada 18 sedangkan sekarang tinggal 11 hari lagi masa pendaftaran,” ujarnya.

Terpisah, Ketua DPD Nasdem Kota Bekasi, Ali Syahabana mengatakan dalam proses pendaftaran pihaknya belum menemukan kendala yang berarti. Namun memang beberapa caleg masih dalam proses kelengkapan berkas.

“Iya, kita dalam proses pelengkap berkas. Namun beberapa sudah ada yang melakukan upload berkasnya itu sendiri. Sambil yang lain melengkapi berkas. Untuk tes kesehatan itu kita sudah dilakukan dari Minggu yang lalu seperti SKCK, kesehatan, dan juga Pengadilan,” kata Ali.

Ali menyebut dari pihaknya ada 50 caleg yang lolos verifikasi pendaftaran Bacaleg di Kota Bekasi.

“50 caleg, jadi total Bacaleg yang daftar 90 yang sudah lolos verifikasi oleh kita itu ada 50 orang Bacaleg dari Nasdem kota Bekasi. Yang baru itu kita komposisikan yakni 60% dari orang lama dan 40% dari orang baru,” jelasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner