Mickey Mouse

Mickey Mouse, Ikon Disney yang Kemarin Berusia 95 Tahun

Mickey Mouse pertama kali dikenal publik dalam film pendek “Steamboat Willy” pada 18 November 1928. Maka tanggal itu adalah hari ulang tahunnya.

Featured-Image
Walt Disney bersama Karakter Ciptaannya Mickey Mouse di Disneyland. Foto: Getty Images

bakabar.com, JAKARTA - Mickey Mouse pertama kali muncul di depan umum dalam film pendek “Steamboat Willy” pada tanggal 18 November 1928. Penggemarnya memastikan, tanggal tersebut adalah Hari Ulang Tahun Mickey Mouse.

Mickey Mouse lebih dari sekedar karakter, dia adalah sosok ikonik Disney. Mickey Mouse diciptakan sebagai karakter pengganti Oswald si Kelinci, sosok karakter Disney yang sukses. Oswald dibuat oleh studio Disney untuk Charles Mintz, seorang produser dan distributor film melalui Universal Studios.

Dengan begitu banyak keberhasilan dari Oswald, Disney meminta Mintz untuk meningkatkan anggaran studio, namun Mintz malah meminta Walt mengambil potongan sebesar 20 persen. Dia kemudian mengingatkan Disney bahwa Oswald adalah karakter milik Universal Studio.

Mintz juga mengatakan ia telah mengontrak sebagian besar karyawan Disney dengan kontrak baru. Disney menolak menandatangani kontrak baru. Disney memutuskan menyelesaikan komik terakhir Oswald dari kontraknya, dan mengakhiri pekerjaannya dengan Universal.

Disney lalu melanjutkan perusahaannya dengan dua animator setianya, Ub Iwerks dan Les Clark. Disney harus memulai kembali dari awal. Dari pengalaman ini, dia belajar untuk memastikan bahwa dia memiliki seluruh hak atas karakter yang diproduksi oleh perusahaannya.

Tikus Jinak Sumber Inspirasi

Inspirasinya untuk Mickey datang dari seekor tikus jinak di mejanya di Laugh-O-Gram Studio di Kansas City, Missouri. Nama asli karakter tersebut adalah Mortimer Mouse. Namun Lilian, istri Disnye meyakinkannya untuk mengubahnya, lalu terciptalah nama Mickey Mouse.

Pada tanggal 14 Mei 1928, Mickey muncul dalam tes pemutaran kartun pendek "Plane Crazy", tetapi gagal mengesankan penonton dan menarik distributor.

Walt kemudian memproduksi film pendek Mickey kedua berjudul "The Gallopin Gaucho", dan lagi-lagi film ini tak menarik minat distributor.

Walt Disney dan Mickey Mouse - apahabar
Walt Disney dan Mickey Mouse. Foto: Getty Images

Disney tak menyerah. Ia kembali membuat film ketiga untuk Mickey Mouse. Film itu berjudul “Steamboat Willy”, dan pertama kali dirilis pada 18 November 1928 di New York, disutradarai oleh Walt Disney dan Ub Iwerks.

Film ini ditujukan sebagai parodi dari "Steamboat Bill, Jr," karya Buster Keaton. Akhirnya karakter Mickey berhasil mencuri perhatian distributor dan menjadi debut Mickey di dunia animasi.

Kini karakter Mickey Mouse menjadi legenda. Penggemar fanatiknya tersebar di banyak negara dan ratusan juta orang terhibur dan mencintai tikus lucu ini.

Editor


Komentar
Banner
Banner