tanah bumbu

Hari AIDS Sedunia di Tanbu, Forum Anak Daerah Ambil Peran Lakukan Pencegahan

apahabar.com, BATULICIN – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar “Training of Trainer dan Pemilihan…

Featured-Image
KPA Kabupaten Tanah Bumbu menggelar “Training of Trainer dan Pemilihan Duta AIDS” di Hotel Ebony Batulicin, Selasa (30/11). Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar “Training of Trainer dan Pemilihan Duta AIDS” di Hotel Ebony Batulicin, Selasa (30/11).

Acara digelar dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember. Ada 40 orang peserta dari Forum Anak Daerah Tanah Bumbu.

“Ada banyak sekali materi yang kami terima hari ini. Harapannya agar kegiatan ini mampu mendorong pemuda-pemudi untuk melakukan pencegahan HIV/AIDS mengingat Tanah Bumbu menjadi salah satu wilayah terbanyak yang terdampak,” sebut Ketua Forum Anak Kecamatan Angsana, Eka Widia Noercahya, Selasa (30/11).

Salah satu cara pencegahannya, Forum Anak Daerah Kecamatan Angsana rutin melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman betapa bahayanya HIV/AIDS.

Di samping itu, kata dia, Forum Anak Daerah juga akan melakukan kerja sama dengan Dinas Sosial dan Satpol PP untuk menertibkan warung remang-remang yang ada di sekitar kawasan pertambangan.

“Untuk memutus dulu mata rantai pertama agar jangan sampai terjadi pergaulan bebas yang memungkinkan timbulnya penyakit AIDS tersebut,” ucapnya.

Kepala SMPN 3 Satap Angsana, Adriati Kurniasih, menyambut baik kegiatan tersebut. Menurut dia Forum Anak Daerah memiliki peran yang besar untuk menjadi pelopor dan pelapor terhadap masalah HIV/AIDS.

“Mereka akan menjadi tutor sebaya yang akan menyampaikan informasi tentang HIV/AIDS bagaimana bahaya dan cara penanggulangan, kepada remaja sebaya mereka di kecamatan masing-masing,” kata Bunda Ririe, sapaan akrabnya.

Hal yang sama disampaikan Staf Pemmas Kessos Kecamatan Angsana, Ridwan, ikut menyambut baik acara tersebut. Dengan cara itu, anak-anak yang menjadi anggota Forum Anak Daerah dapat memiliki tambahan wawasan terkait HIV/AIDS.

Sekretaris KPA Kalsel, Mursalim, mengungkap ada dua wilayah dengan jumlah penderita HIV/AIDS tertinggi di Tanah Bumbu yaitu Kecamatan Satui dan Angsana.

Sementara di Kalsel, Tanah Bumbu menjadi wilayah dengan penderita terbanyak setelah Banjarmasin.

Sementara Sekretaris KPA Tanah Bumbu, Yadi Mahendra, mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan setelah pemilihan Duta AIDS tingkat kecamatan.

“Kemudian nanti bertepatan dengan hari AIDS sedunia pada 1 Desember akan dilaksanakan pemilihan Duta AIDS Kabupaten Tanah Bumbu,” katanya.

img

Forum Anak Daerah Kecamatan Angsana dan pendamping saat menghadiri “Training of Trainer dan Pemilihan Duta AIDS”. Foto-Ist



Komentar
Banner
Banner