Nasional

Harapan di Balik Kemeriahan Festival Goa Lowo Kotabaru

Gelaran Festival wisata Goa Lowo di Desa Tegalrejo, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kotabaru berlangsung meriah.

Featured-Image
Pembukaan festival Goa Lowo tahun 2023 resmi dibuka. Foto-apahabar.com/Masduki

bakabar.com, KOTABARU - Gelaran Festival Goa Lowo di Desa Tegalrejo, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kotabaru, Kalsel, berlangsung meriah.

Kemeriahan itu tergambar jelas saat prosesi pembukaan. Di sana selain para pejabat hadir, tampak pula dipadati pengunjung dari berbagai penjuru.

Terlebih pembukaan juga dirangkai dengan beragam pertunjukan seni budaya, tarian khas daerah, hingga aksi panggung para artis ibukota jebolan Kontes Dangdut Indonesia (KDI).

Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif menyebut, gelaran festival di sejumlah destinasi wisata termasuk di Goa Lowo merupakan bentuk keseriusan daerah dalam mempromosikan dan mengembangkan wisata.

Festival Goa Lowo diisi beragam kegiatan mulai bazar, stand UMKM menampilkan produk unggulan semua desa dapat menjadi contoh bagi desa lainnya di Kotabaru.

"Kami tentu berharap melalui Festival Goa Lowo kali ini mampu mendongkrak angka pengunjung serta meningkatkan perekonomian masyarakat Kelumpang Hilir, dan Kotabaru pada umumnya," ujarnya, Sabtu (12/8) malam.

Ketua BUMDes Pesona Rejo Jaya Tri Widodo mengemukakan pihaknya bersama pengelola terus kompak dan bertekad memajukan wisata Goa Lowo.

Kesuksesan Festival Goa Lowo, ataupun pengembangan wisata Goa Lowo merupakan bentuk keberhasilan seluruh anggota dan masyarakat dalam memajukan Desa Tegalrejo.

"Hal itu sesuai dengan nama Tegalrejo yang maknanya suatu tempat atau ladang yang cukup ramai," ujarnya.

Sementara berdasarkan catatan Tri, angka pengunjung ataupun wisatawan yang datang ke Goa Lowo terus mengalami peningkatan, dan telah mencapai angka 245.000 orang.

"Jadi, dari jumlah itu, perputaran uang di Goa Lowo ini tembus di angka Rp12 miliar lebih," pungkasnya.

Kepala Bidang Even dan Pertunjukan pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kotabaru juga menyambut baik kolaborasi BUMDes Pesona Rejo Jaya dalam gelaran Festival Goa Lowo 2023.

Festival sendiri digelar bertujuan untuk mendatangkan wisatawan sebanyak mungkin, sehingga berimbas pada peningkatan perekonomian daerah, dan masyarakat.

"Sejauh ini, Goa Lowo termasuk sebagai tempat wisata yang cukup maju dan diharapkan menjadi motivasi bagi desa lain dalam hal pengembangan pariwisata," pungkasnya.

Di lain pihak, Ketua Komisi II DPRD Kotabaru Awaludin juga mengapresiasi gelaran Festival Goa Lowo yang digelar hingga beberapa hari ke depan.

"Kami tentu bangga sekali, lewat festival itu secara otomatis wisata Goa Lowo makin dikenal luas, dan perekonomian masyarakat juga ikut meningkat," tandasnya Minggu (13/8) siang.

Editor


Komentar
Banner
Banner