Sport

Hajar Slovakia, Spanyol Lolos ke Babak 16 Besar Dampingi Swedia

apahabar.com, SEVILLA – Ditandai lima gol, Spanyol menggasak Slovakia di matchday terakhir Grup E Euro 2020,…

Featured-Image
Sempat dalam posisi mengkhawatirkan, Spanyol mengalahkan Slovakia untuk lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Foto: The Guardian

bakabar.com, SEVILLA – Ditandai lima gol, Spanyol menggasak Slovakia di matchday terakhir Grup E Euro 2020, Kamis (24/6), sekaligus mendampingi Swedia ke babak 16 besar.

Spanyol yang dituntut harus memenangi pertandingan terakhir ini, sempat dirasuki kegugupan.

Seharusnya Spanyol sudah unggul di menit 12 melalui titik penalti, menyusul pelanggaran Jakub Hromada kepada Koke Resureccion.

Namun Alvaro Morata yang menjadi eksekutor penalti, gagal menyelesaikan tugas. Arah sepakan striker Juventus ini mampu diantisipasi kiper Martin Dubravka.

Spanyol yang terus menekan dengan ball possesion, akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit 30.

Gol diawali tembakan keras Pablo Sarabia yang sebenarnya membentur mistar gawang dan membuat bola melenting ke atas.

Lantas Martin Dubravka yang bermaksud melakukan halauan, malah membuat arah bola berbelok ke gawang. Gol itu kemudian dicatat sebagai bunuh diri.

Gol tersebut membuat Spanyol cukup nyaman mengendalikan permainan. Apalagi memasuki injury time, Aymeric Laporte membawa La Furia Roja unggul dua gol, setelah memaksimalkan umpan Gerard Moreno.

Slovakia berusaha bangkit di paruh kedua dengan operan-operan cepat. Namun mereka kesulitan menembus sepertiga akhir Spanyol.

Ketika Slovakia belum sekali pun melepas shot on target, Spanyol malah menambah gol lagi di menit 56.

Pablo Sarabia yang berdiri cukup bebas di kotak penalti, tinggal menjulurkan kaki untuk mengarahkan bola umpan Jordi Alba ke gawang.

Mental Slovakia langsung drop. Terbukti mereka hanya mampu membukukan 38 persen penguasaan bola sejak menit 60.

Tidak mengherankan kalau Spanyol mampu mencetak dua gol tambahan hanya dalam tempo 3 menit.

Ferran Torres yang baru masuk di menit 66 menggantikan Alvaro Morata, langsung membukukan gol semenit setelah di lapangan.

Sambil membelakangi gawang, gelandang Manchester City itu menyambut assist Pablo Sarabia dan mencetak gol menggunakan tumit.

Seakan tidak mau kalah, Pau Torres yang masuk di menit 71 menggantikan Eric Garcia, andil atas gol kelima Spanyol.

Diawali sepakan Thiago Alcantara yang diblok, bola kemudian diumpankan Aymeric Laporte ke kotak penalti.

Pau Torres kemudian menyundul si kulit bundar dan sempat ditepis Martin Dubravka. Bola liar kemudian berusaha dibuang Jurac Kucka, tetapi langsung meluncur masuk ke gawang.

Meski tersisa waktu sekitar 20 menit, tak banyak yang dapat dilakukan Slovakia. Terlebih Spanyol tidak menurunkan pressing, ketika kehilangan bola.

Dengan hasil ini, Spanyol naik ke peringkat kedua klasemen akhir Grup E dengan nilai 5. Sedangkan Slovakia terancam gagal lolos, kendati menempati peringkat ketiga.

Spanyol mendampingi Swedia yang menjadi juara Grup E. Dalam pertandingan terakhir, The Viking mengalahkan Polandia dengan skor 3-2.

Emil Forsberg membawa Swedia unggul 2-0 berkat gol-gol di menit 2 dan 59. Namun Polandia sempat menyamakan skor melalui dua gol Robert Lewandowski menit 61 dan 84.

Akhirnya di menit 90+4, Viktor Claesson memastikan kemenangan Swedia, setelah memaksimalkan assist Dejan Kulusevski.

Selanjutnya di babak 16 besar, Spanyol akan menghadapi Kroasia. Sedangkan Swedia meladeni salah satu kontestan peringkat tiga terbaik.



Komentar
Banner
Banner