DPRD Kalsel

Hadapi Pilkada 2020, Dewan Kalsel Diminta Petakan Daerah Rawan Konflik

apahabar.com, BANJARMASIN – Awak Komisi I DPRD Kalsel baru saja usai melakukan kunjungan kerja ke Ditjen Politik…

Featured-Image
Supripo Sumas bersama beberapa anggota Komisi I DPRD Kalsel. Foto-Humas DPRD Kalsel

bakabar.com, BANJARMASIN -Awak Komisi I DPRD Kalsel baru saja usai melakukan kunjungan kerja ke Ditjen Politik Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pada kunjungan kerja itu mereka mendapat amanah untuk menjaga suasana politik yang nyaman di Kalsel menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Makanya anggota DPRD Kalsel H Suripno Sumas berharap masyarakat jangan lengah dan cepat termakan isu yang menimbulkan konflik menjelang tahun politik.

"Apabila terjadi masalah konflik sosial segera laporkan ke pihak terkait seperti Badan Kesbangpol dan desk pilkada. Sehingga kita cepat mengantisipasi hal yang bisa menimbulkan konflik," ujarnya mengingatkan.

Walaupun kondisi dan situasi politik di Kalsel terbilang kondusif, pihaknya tetap waspada dari potensi-potensi sosial yang dapat menimbulkan perpecahan, terutama menghadapi Pilkada 2020.

Dengan arahan pemerintah pusat, pihaknya bersama eksekutif akan terus menjalankan fungsi agar penyelenggaraan pesta demokrasi di Kalsel berjalan lancar tanpa ada hambatan.

"Kita diminta menggalakkan desk Pilkada. Karena itu arahan Kemendagri menjadi acuan kami memonitor dan mengantisipasi gejala konflik sosial menghadapi Pilkada tahun depan," ungkapnya.

Direktur Kewaspadaan Nasional Direktorat Politik Pemerintahan Umum Kemendagri Akbar Ali juga berpesan pemerintah daerah bersama-sama legislatif untuk dapat memetakan daerah rawan konflik.

Eksekutif dan legislatif juga diminta merangkul ormas agar dapat mensosialisasikan program-program di Kalsel.

Baca Juga: Perkara Akses Jalan ke Terminal Baru, Dewan Panggil PUPR

Baca Juga: Lahan Pertanian Kalsel Terus Menyusut, DPRD Siapkan Siasat

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner