Banjir ROB

Hadapi Banjir Rob, Pemda DKI Siapkan Pompa hingga Perahu

Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut pihaknya telah siap menghadapi potensi banjir rob

Featured-Image
Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Beru Budi Hartono (Foto: apahabar.com/Daffa)

bakabar.com, JAKARTA - Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono  menyebut pihaknya telah siap menghadapi potensi banjir rob di pesisir Jakarta Utara.

Diketahui, sesuai informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) potensi banjir rob di Jakarta diperkirakan terjadi pada tanggal 10 Januari 2023 mendatang.

"Fenomena itu sampai tanggal 10. Mudah-mudahan kita bisa melewati itu. Kami dari pemerintah daerah (pemda) tentu siap semaksimal mungkin," ujar Heru di Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (6/1).

Baca Juga: BMKG Petakan Wilayah Siaga Banjir Rob di Awal Tahun 2023

Heru mengklaim jajarannya telah menyiapkan mitigasi bencana banjir rob. Ketika banjir merendam wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat, belasan perahu hingga pompa telah siap dikerahkan.

"Tentu pemda siap semaksimal mungkin. Wali kota siapkan warning system, perahu 16 sampai 18 pompa disiapkan. Lalu, BPBD sudah siapkan posko-posko di titik lokasi rawan," ujar Heru.

Untuk diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memetakan beberapa wilayah pesisir di Indonesia yang berpotensi banjir rob pada awal tahun 2023. Sejumlah wilayah itu pun di wanti-wanti untuk bersiaga.

Baca Juga: Pj Gubernur Ingatkan Ancaman Banjir Rob Akhir Tahun

Hal terkait terkait adanya fenomena Bulan Purnama (Full Moon) pada 6 Januari 2023.

"Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo, dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin (2/1).

Editor


Komentar
Banner
Banner