Arus Mudik 2023

H-5 Lebaran, Puluhan Ribu Pemudik Asal Jawa Tinggalkan Pulau Bali

Sebanyak 42,760 pemudik tinggalkan Bali menuju Jawa melalui Pelabuhan Gilimanuk - Ketapang, Minggu 16 April 2023.

Featured-Image
Ratusan pemudik nampak sesak di dalam kapal (17/4/2023),(Foto:apahabar.com/Mohamad Abdul)

bakabar.com, JAKARTA - Sebanyak 42,760 pemudik meninggalkan Bali menuju Pulau Jawa melalui Pelabuhan Gilimanuk - Ketapang, pada Minggu 16 April 2023.  Kehadiran pemudik yang tiba di Banyuwangi menandakan musim mudik lebaran telah dimulai.

Sementara itu, pantauan bakabar.com pada Senin (17/4) sore, terlihat ratusan kendaraan roda dua dan roda empat keluar dari kapal penyeberangan.

Data ASDP Ketapang menunjukkan jumlah kendaraan yang menyeberang mencapai 12.789 kendaraan. Dari jumlah itu didominasi oleh roda dua sebanyak 6.869 unit dan kendaraan dan roda empat (mobil pribadi) sebanyak 3.157 kendaraan.

Salah seorang pemudik asal Kabupaten Jember, Samsul Arif (41) mengaku perjalanannya dari Bali berlangsung aman dan lancar. Saat menyeberang ia tidak mengalami permasalahan yang berarti.

Baca Juga: Pemudik Mulai Padati Terminal Kalideres di H-5 Idul Fitri

"Saya kan jalan kaki mas, tapi saya lihat tidak ada antrean panjang di pelabuhan Gilimanuk," kata Samsul Arif kepada bakabar.com

Samsul mengaku tidak melakukan mudik lebih awal karena masih menunggu anaknya libur sekolah. "Kerjaan saya sudah libur sih mas, kebetulan saya juga freelance," ujarnya.

Pemudik lain asal Pulau Jawa, Rizal menjelaskan perjalanannya dari Denpasar menuju pelabuhan penyebrangan Gilimanuk tidak mengalami kemacetan.

"Tidak ada kemacetan mas, di tiket masuk tadi saya hanya mengantri kurang lebih 10 menit,"jelas Rizal kepada bakabar.com.

Baca Juga: Cek Pelabuhan, Danlanal Banyuwangi Pastikan Kelancaran Pemudik dari Pulau Bali

Rizal mengaku mudik tahun ini merupakan mudik perdana, sebab pria asal Asembagus, Kabupaten Situbondo itu baru saja merantau.

"Saya di Bali baru satu tahun ini mas,"pungkasnya

Editor
Komentar
Banner
Banner