Pemkab HSS

Gubernur Kalsel Bersama Bupati HSS Panen Padi Apung di Daha Utara

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bersama Bupati HSS Achmad Fikry melaksanakan panen padi apung lahan rawa di Desa Hamayung, Daha Utara.

Featured-Image
Gubernur Sahbirin Noor dan Bupati Achmad Fikry bersama Forkopimda HSS panen padi apung. Foto: Prokopim Setda HSS

bakabar.com, KANDANGAN - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor bersama Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry melaksanakan panen padi apung lahan rawa di Desa Hamayung, Daha Utara.

Totalnya ada sebanyak 2.000 styrofoam padi 'Paman Birin' yang dipanen oleh Gubernur Kalsel, Bupati HSS dan Forkopimda HSS bersama jajarannya masing-masing.

Bupati HSS Achmad Fikry mengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi karena ikut membantu masyarakat yang kondisi wilayahnya rawa sedang mengalami kenaikan debit air.

"Insyaallah padi apung ini sangatlah bermanfaat dan terasa, maka pada APBD-P akan kami anggarkan dan siapkan untuk budidaya kembali," kata Bupati Fikry.

Rencananya, kecamatan lain di Kabupaten HSS seperti Daha Selatan, Daha Barat, Angkinang, Simpur dan Kalumpang juga akan dilakukan budidaya tanaman padi apung.

"Mari merubah pola pikir kita, jangan pasrah dengan alam. Lakukanlah alam dengan arif dan bijaksana yaitu menggunakan teknologi. Pemerintah selalu ada di tengah masyarakat yang membutuhkan," ucap Bupati Achmad Fikry.

Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengajak semua selalu bersyukur terhadap nikmat yang diberikan Allah SWT dan jangan pernah putus asa dengan rahmat-Nya.

"Orang yang tidak berputus asa akan berusaha, berusaha itu iya bergerak, kalau kita tidak bergerak [jangan malas] tidak akan tumbuh padi apung itu," jelas Paman Birin.

Pihaknya berharap padi apung dalam rangka memperkuat ketahanan pangan Kalsel dalam rangka mendukung, menyongsong Ibu kota Negara Nusantara yang akan pindah ke Pulau Kalimantan.

Gubernur Kalsel didampingi Bupati HSS juga menyerahkan bantuan kepada kelompok tani berupa padi hibrida dan biofortifikasi, styrofoam, insektisida, serta rodentisida.

Kemudian bantuan beras 1,5 ton kepada masyarakat Desa Hamayung, pemberdayaan penangkar benih, alsintan, 2 unit pompa air, 1 unit husker polisher serta penyerahan penghargaan kepada POPT Daha Utara.

Editor
Komentar
Banner
Banner