Megaproyek IKN

Groundbreaking IKN Tahap III Pekan Depan Bisa Tersendat

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN,l Agung Wicaksono mengatakan pihaknya menjadwalkan groundbreaking tahap tiga pada 20-22 Desember 2023. sebelum libur

Featured-Image
Pekerja beranjak pulang menuju Hunian Pekerja Konstruksi Ibu Kota Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Foto: Antara/ Indrianto Eko Suwarso

bakabar.com, JAKARTA - Otorita ibu kota Nusantara (IKN) menjadwalkan groundbreaking tahap tiga sebentar lagi, 20-22 Desember 2023. Atau, sebelum libur natal dan tahun baru.

Kendati begitu, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN, l Agung Wicaksono masih menunggu konfirmasi dari Presiden Jokowi. Pasalnya, Jokowi bakal melakukan kunjungan ke luar negeri dalam waktu dekat ini.

"Kita akan segera groundbreaking tahap 3. Kami akan rapat koordinasi dengan protokol seberapa mungkin jadwal presiden dalam waktu yang singkat ini untuk bisa melakukan groundbreaking," kata dia dalam Konferensi Pers perkembangan Investasi di IKN secara daring tadi. 

Salah satu infrastruktur ketenagalistrikan yang sedang dibangun PLN demi memenuhi kebutuhan listrik hijau di Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah Gas Insulated Switchgear (GIS) 4 KIPP/Sepaku 150 kV.
Salah satu infrastruktur ketenagalistrikan yang sedang dibangun PLN demi memenuhi kebutuhan listrik hijau di Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah Gas Insulated Switchgear (GIS) 4 KIPP/Sepaku 150 kV. Foto-PLN

Target dari groundbreaking yang akan berlangsung sebelum natal dan tahun baru itu bernilai Rp10 triliun. Tapi dia belum bisa membeberkan siapa saja pihak yang akan terlibat. Sebab ada beberapa investor yang sudah libur.

Namun, ia melihat hal itu tidak mengurangi target investasi dari groundbreaking tahap tiga tersebut. Dia tetap optimistis investasi yang masuk pada tahap tiga ini sebesar Rp10 triliun.

"Memang ada target Rp10 triliun dan itu sudah masuk, tapi ada investor yang gak sempet groundbreaking minggu depan. Kalau di total ada Rp10 triliun lebih tapi berapa banyak saya belum tahu karena ada yang libur," jelasnya.

Ada tiga sektor proyek pada groundbreaking tahap ketiga nanti. Yakni sektor hijau. Yaitu proyek-proyek yang berkaitan dengan konsep green forest city dan re-forestasi.

Selanjutnya proyek penguatan dan pembangunan ekosistem di Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP). Berupa properti hunian, hotel, dan rumah sakit pemerintah.

"Terakhir, proyek gedung lembaga-lembaga pemerintahan yaitu Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan lembaga di sektor pertahanan," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner