Aksi Bersih-bersih Masjid

Gratis! Komunitas di Pamekasan Rela Keliling Bersihkan Masjid

Sekelompok orang di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur mencetuskan gerakan bersih-bersih masjid gratis.

Featured-Image
Masjid Nurul Huda, Sumber Kereng saat dibersihkan komunitas pada Selasa (28/3). (Foto: apahabar.com/Fauzi)

bakabar.com, PAMEKASAN - Sekelompok orang di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur mencetuskan gerakan bersih-bersih masjid gratis. Komunitas ini membersihkan masjid secara suka rela baik di area perkotaan hingga ke pelosok desa.

Komunitas tersebut bernama Labbaik Pamekasan. Saat ini, Selasa (28/3) Masjid Nurul Huda Sumber Kereng, Kelurahan Kowel, Pamekasan menjadi sasaran bersih-bersih masjid tanpa dipungut biaya tersebut.

Mereka melakukan bersih-bersih masjid mulai dari pintu, karpet, lantai, kaca, hingga ornamen-ornamen masjid. Lama pembersihan disesuaikan dengan besar kecilnya masjid. Meski gratis semua dikerjakan secara profesional.

Baca Juga: Napak Tilas Masjid Laweyan Solo, Dibangun Bekas Bangunan Pura

Kordinator Gerakan Masjid Gratis, H. DGO mengatakan gerakan ini sudah berjalan 1 tahun. Peralatan yang digunakan untuk bersih-bersih masjid merupakan donasi dan hasil swadaya anggota komunitas sendiri.

"Sebelumnya kami tidak ada donatur. Jadi awalnya kita berinisiatif sumbangan dengan temen-temen," ujarnya, Selasa (28/3)

Ia menjelaskan menjelang datangnya bulan ramadaan permintaan bersih-bersih masjid cukup banyak. Pihaknya mengaku akan melakukan 2 sampai 3 kali perhari untuk bersih-bersih masjid selama bulan ramadan.

"Sebelum puasa, jalan minimal 2 kali, kadang 3 kali, maksimalnya 4 kali dalam seminggu. Kalau selama ramadan ini kita full, sehari kadang 2 sampai 3 masjid yang dibersihkan," terangnya.

Baca Juga: Kompleks Pemakaman Gunungpring Magelang Ramai Dipadati Peziarah

DGO mengungkapkan, gerakan bersih-bersih masjid ini bersifat sukarela. Pihaknya membuka ruang bagi masjid manapun yang ingin dibersihkan tanpa dipungut biaya. Kemudian tidak membatasi bagi relawan yang ingin bergabung.

Pengurus Masjid Nurul Huda Sumber Kereng, Ustad Muhammad Hafid mengaku bersyukur dengan adanya kegiatan bersih-bersih masjid dari komunitas tersebut. Dia merasa terbantu dengan adanya bersih-bersih masjid ini.

"Alhamdulillah, saya berterima kasih. Semoga memberikan manfaat, barokah fiddunya wal akhirah," ujarnya.

Baca Juga: Makam 'Bhuju Lemos' Jadi Tempat Tadarus Al-Qur'an Selama Ramadan

"Saya sangat mendukung kegiatan bersih-bersih masjid gratis ini. Apalagi dilakukan di masjid-masjid desa dan di kampung-kampung, terutama bagi masjid yang fasilitasnya kurang," imbuhnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner