Olahraga

Grand Launching POMNas XVIII 2023, Paman Birin: Berkah Buat Kalsel

Grand Launching Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVIII 2023 digelar di Auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru.

Featured-Image
Grand Launching Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVIII 2023. Foto-apahabar.com/Amrullah

bakabar.com, BANJARMASIN - Grand Launching Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVIII 2023 berlangsung di Auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru, Kamis (10/8/2023).

Grand Launching POMNas XVIII 2023 Kalsel yang akan dihelat 12-24 November itu dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor. 

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin itu tidak sendirian, bersama Ketua Pelaksana, Muhammad Rusmin Nuryandi, Rektor ULM Ahmad Alim Bachri dan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Asel Sukmayadi menekan tombol sirine warna merah tanda resminya Grand Launching POMNas XVIII 2023.

Tak hanya itu, gubernur, ketua pelaksana, Rektor ULM dan Kepala BPTI Asel Sukmayadi juga meresmikan mengenalkan logo dan maskot POMNas XVIII 2023 Kalsel.

Maskot Bekantan mengenakan baju kuning bertulis 'Si Mahing' dan Laung Banjar dengan motif sasirangan.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor berharap POMNas XVIII 2023 Kalsel berjalan dengan lancar.

"Saya berharap POMnas ini sukses penyelenggaraan, dan sukses prestasi. Mudah-mudahan bermanfaat dan berkah bagi masyarakat Kalimantan Selatan," ujar Gubernur Kalsel dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Muhammad Rusmin Nuryandin menyebutkan POMNas tahun 2023 ini ada 16 cabang olahraga (cabor) yang digelar 2 kota dan 2 kabupaten.

"Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut dan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS)," kata kata Nuryadin.

Ia menjelaskan untuk di Kota Banjarmasin menggelar cabor atletik, bridge,catur, futsal, gulat, pencak silat, sepak takraw, tenis lapangan serta voli pasir.

Sedangkan di Banjarbaru akan dilaksanakan 3 cabor, yakni bulutangkis, karate dan taekwondo.

Sementara, di Kabupaten Tanah Laut, lanjut Nuryandin, dilaksanakan cabor panjat tebing. Kemudian di Kabupaten HSS untuk renang.

Selanjutnya, kata Nuryandin kompetisi POMNas XVIII 2023 Kalsel ini diikuti 34 provinsi.

"Dari 34 provinsi itu, akan hadir sekitar 12.308 orang," tambahnya

"Untuk kuota atlit dan official sebanyak 326 orang, sedangkan dari data cabor yang masuk baru 24 provinsi," kata Nuryandin.

Menjadi tuan rumah yang kedua kalinya, ia berharap POMNas XVIII 2023 Kalsel ini menjadi ajang mencari bibit olahraga untuk Indonesia.

Editor


Komentar
Banner
Banner