tanah bumbu

Gotong Royong Legislatif dan Eksekutif Tanbu Bantu Pembangunan Lapas Klas III Batulicin

apahabar.com, BATULICIN – Pihak legislatif dan eksekutif Kabupaten Tanah Bumbu siap membantu pembangunan Lapas Klas III…

Featured-Image
Ketua DPRD Tanah Bumbu, H Supiansyah, saat menerima kunjungan rombongan Kemenkum HAM Provinsi Kalsel. Foto-Humas DPRD Tanbu

bakabar.com, BATULICIN – Pihak legislatif dan eksekutif Kabupaten Tanah Bumbu siap membantu pembangunan Lapas Klas III Batulicin.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Tanah Bumbu, H Supiansyah, saat menerima kunjungan rombongan Kakanwil Kemenkum HAM Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin, (24/5).

“Dengan melihat banyaknya warga Tanah Bumbu yang berada di Lapas Kotabaru hingga mengakibatkan over kapasitas penampungan di sana, kami (legislatif) bersama Bupati Tanah Bumbu memberikan bantuan percepatan pembangunan Lapas Batulicin,” ungkap H Upi panggilan akrabnya.

Pihaknya, kata dia, akan memberikan bantuan dua blok bangunan dan juga memberikan bantuan untuk keperluan operasional Lapas Batulicin.

Bantuan tersebut diberikan karena pihaknya sangat prihatin dengan warga Tanah Bumbu yang berada di Lapas Kotabaru yang berdesak-desakan karena over kapasitas.

Pada kesempatan itu, rombongan Kakanwil mengunjungi Bupati Tanah Bumbu dilanjutkan juga dengan mengunjungi Ketua DPRD Tanah Bumbu.

“Kunjungan kami bersama rombongan ke Kabupaten Tanah Bumbu adalah untuk berkoordinasi sehubungan dengan kerjasama pembangunan Lapas Klas III Batulicin, karena hal ini tak terlepas dari andil Pemkab Tanah Bumbu,” ujar Kakanwil Kemenkum HAM Provinsi Kalsel, Tejo Harwanto.

“Ke depan, bukan hanya pembangunan, namun juga perlakuan warga binaan Lapas Klas III Batulicin juga akan dibantu oleh DPRD dan juga Pemkab Tanah Bumbu,” jelas Tejo.

Tejo mengatakan pada pertemuan itu, Bupati dan Ketua DPRD meminta agar hak-hak warga binaan yang ada di Lapas Klas III Batulicin nanti diberikan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Pak Ketua DPRD dan Bupati Tanah Bumbu meminta agar hak azasi manusia dan pelayanan hukum terhadap warga binaan yang berasal dari Tanah Bumbu agar diutamakan. Yang mana ini nantinya akan menjadi pilot project perlakukan warga binaan di Kalimantan Selatan,” pungkasnya.

Turut mendampingi pada kunjungan Kakanwil Kemenkum HAM tersebut, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ngatirah, Kepala Bidang Pelayanan Hukum dan HAM, Riswandi, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, I Gusti Ibrahim, Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Batulicin, Indra Gunawan, dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kotabaru, Hidayat, serta staf lainnya.



Komentar
Banner
Banner