Pelacakan Ponsel

Google Siap Hadirkan Fitur Pelacakan Ponsel dalam Keadaan Tidak Aktif

Google tengah mengembangkan fitur baru untuk melacak ponsel yang hilang meski perangkat dalam keadaan tidak aktif atau mati.

Featured-Image
Google tengah mengembangkan fitur baru untuk pelacakan ponsel yang hilang. Foto: dok. Pexels

bakabar.com, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Google, tengah mengembangkan fitur baru untuk melacak ponsel yang hilang meski perangkat dalam keadaan tidak aktif atau mati.

Sebelumnya Google sudah memiliki "Find My Device", namun fitur tersebut membutuhkan syarat bahwa perangkat harus dalam keadaan hidup dan tidak dapat digunakan apabila dalam kondisi mati.

Dilansir laman Gizchina, Kamis (13/4), fitur baru tersebut diungkap oleh pembocor teknologi Kuba Wojciechowski. Menurutnya teknologi itu dikembangkan untuk ponsel besutan Google yakni Pixel.

Kuba menyebut, fitur yang tengah dikembangkan Google agar bisa melacak ponsel dalam keadaan mati tersebut akan diberi nama "Pixel Power-off Finder".

Baca Juga: Google Translate Suka 'Ngaco', 5 Aplikasi Penerjemah Ini Bisa Jadi Alternatif

Pada dasarnya, fitur ini berfungsi dengan mengaktifkan Bluetooth di perangkat setiap saat mirip seperti cara kerja iPhone sehingga pelacakan tetap bisa dilakukan meski ponsel dalam kondisi tidak aktif.

Sebenarnya Google telah merilis "Find My Device" generasi terbaru untuk menggoda para pengguna Android dengan mengenalkan opsi bernama "Store Recent Location" pada Januari 2023.

Ketika opsi tersebut diaktifkan, maka ponsel akan membagikan lokasinya dengan Google setiap kali baterai ponsel terdeteksi turun di bawah level tertentu.

Baca Juga: Manfaatkan Fitur pada Google agar Puasa Ramadan Makin Menyenangkan

Pilihan tersebut diharapkan mampu memberi peringatan pertama bagi penggunanya jika ponselnya mati sebelum pengguna menyadari gawainya hilang.

Belum ada kabar dari Google kapan atau apakah fitur pelacakan baru ini akan tersedia. Namun pengembangan "Find My Device" akan bisa diketahui dalam ajang Google I/O mendatang di 2023.

Editor
Komentar
Banner
Banner