Pemko Banjarbaru

Giliran Banjarbaru Utara dan Liang Anggang Diguyur Bantuan RT Mandiri

apahabar.com, BANJARBARU – Wali Kota Aditya Mufti Ariffin kembali menyerahkan dana bantuan program RT Mandiri, Jumat…

Featured-Image
Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin saat menyerahkan bantuan RT Mandiri kepada kelompok masyarakat. Foto: Dok. Humas Pemkot Banjarbaru

bakabar.com, BANJARBARU – Wali Kota Aditya Mufti Ariffin kembali menyerahkan dana bantuan program RT Mandiri, Jumat (12/8). Kali ini, kepada kelompok masyarakat di kecamatan Banjarbaru Utara dan Liang Anggang.

“Ada 12 kelompok masyarakat di wilayah Banjarbaru Utara dan 12 kelompok di kecamatan Liang Anggang,” ujar Ovie sapaan akrab wali kota.

Adapun dana bantuan yang diberikan kepada masing-masing kelompok masyarakat senilai Rp75 juta.

Dijelaskan Ovie, pascapandemi Covid-19, pemerintah dituntut melakukan pemulihan ekonomi masyarakat secara menyuluruh.

Salah satu program yaitu melalui RT Mandiri, di mana tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kunci utamanya adalah kesejahteraan masyarakat. Dengan RT Mandiri ini kita berharap kesejahteraan masyarakat di lingkungan RT bisa lebih ditingkatkan lagi,” katanya.

Terlebih, bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat. Dana bantuan RT Mandiri ini sedianya bisa digunakan untuk keperluan kelompok masyarakat atau para pelaku UMKM.

"RT Mandiri bukan bantuan untuk perorangan, tetapi untuk kelompok masyarakat, untuk UMKM. Dan melibatkan seluruh elemen yang ada di masyarakat," tegasnya.

Pengelolaan dana bantuan program RT Mandiri ini didampingkan dan dievaluasi dari SKPD terkait khususnya DP2KBPMP2A agar usaha yang dijalankan oleh masing- masing kelompok masyarakat bisa berjalan dengan maksimal.

Sementara itu, Camat Banjarbaru Utara, Indra Putra, mengatakan bahwa program RT Mandiri akan dimulai setelah dana dicairkan hingga akhir tahun 2022.

Disebutkannya, penerima dana program RT Mandiri untuk kecamatan Banjarbaru Utara sendiri terbagi atas di empat kelurahan dengan total 12 RT yang masing-masing terdiri dari 3 kelompok masyarakat.

“Adapun jumlah bansos yang dicairkan senilai 75 juta untuk masing-masing pokmas,” cetusnya.

Camat Liang Anggang Adriannoor Rivai menambahkan di wilayahnya juga ada 12 kelompok masyarakat yang mendapat program RT mandiri.

"Penyerahan dana bantuan RT mandiri ini adalah sebanyak 12 kelompok masyarakat yang tersebar di 4 kelurahan," tuturnya.

Untuk diketahui, sebelumnya penyerahan bantuan sosial program RT Mandiri telah dilakukan di beberapa kecamatan, seperti Kecamatan Landasan Ulin, dan Kecamatan Banjarbaru Selatan.

Komentar
Banner
Banner