Prominent Award 2023

Genjot Jumlah Nasabah, PNM Raih The Most Prominent Company

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menyabet gelar The Most Prominent Company. Perusahaan plat merah ini dianggap berkontribusi besar untuk negara.

Featured-Image
PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menyabet gelar The Most Prominent Company di ajang Prominent Award 2023, 22 September lalu. Foto: Istimewa

bakabar.com, JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menyabet gelar The Most Prominent Company. Perusahaan plat merah ini dianggap berkontribusi besar untuk negara.

Penghargaan diberikan pada puncak Prominent Award 2023, 22 September lalu. BUMN ini fokus dalam pemberdayaan UMKM dan pembiayaan ultra mikro.

"Penghargaan ini sekaligus menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan. Khususnya dalam memberdayakan nasabah ultra mikro dalam mendapatkan literasi dan inklusi keuangan," kata Corporate Secretary PT PNM, Dodot Patria Ary.

Baca Juga: ASEAN Coal Awards, TIA Sabet Best Practices in Coal Surface Mining

Sebagai gambaran, pada semester I 2023, PNM berhasil mencapai 14.667.860 nasabah aktif. Angka tersebut meningkat 20,5 persen dari Juni 2022 lalu.

Dari semua nasabah itu, PNM mampu mencapai Rp34,10 triliun atau 50 persen dari target RKAP 2023. Yang mana angkanya dipatok Rp68,35 triliun.

Dalam proses pencairan dana, nasabah tak menerima uang cash. Tapi masuk melalui rekening tabungan Simpedes UMi.

"Hal ini juga dapat meminimalisir penyalahgunaan uang saat proses pendistribusian," ungkap Dodot.

Kata Dodot, nasabah PNM tak cuma menerima pembiayaan. Tapi juga pendampingan mengelola keuangan. Sehingga benar-benar terarah dengan baik.

Tahap pencairan pembiayaan juga dipercepat. Para nasabah dibantu account officer (AO) di lapangan melalui aplikasi. Pola ini bagian dari transformasi dan digitalisasi oleh PNM.

Namun ia mengakui, prosesnya tak mudah. Ada tantangan yang harus dilalui dalam membina nasabah ultra mikro. Yakni keterbatasan kepemilikan smartphone.

Meski begitu, upaya transformasi itu membawa banyak dampak positif. Terutama pada efisiensi dan kinerja manajemen yang meningkat.

Itulah gambaran sekilas indikator yang akhirnya membawa PNM mendapat penghargaan. Lebih spesifik, yakni kategori The Most Prominent State-Owned Company in Micro Finance Transformation Development.

Baca Juga: Bank Pembangunan Daerah, Bank Kalsel Raih Bisnis Indonesia Award 2023

Penutup, bagi Dodot, penghargaan ini adalah hasil kerja keras bersama seluruh karyawan. Termasuk juga semua nasabah yang aktif untuk semakin berdaya.

"Tentu penghargaan ini terus akan memacu kami untuk bekerja lebih baik lagi”, tutupnya.

Biar tahu saja. Selain PNM ada beberapa BUMN yang juga mendapat Prominent Awards. Yakni PT PLN (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pegadaian, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan PT Pos Indonesia (Persero).

Editor


Komentar
Banner
Banner