Dishut Kalsel

Gencarnya Reboisasi di Hutan Kota Batulicin

apahabar.com, BATULICIN – Penghijauan di Kabupaten Tanah Bumbu makin gencar dilakukan. Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kusan…

Featured-Image
KPH Kusan sedang gencar melakukan reboisasi di Hutan Kota Batulicin. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Penghijauan di Kabupaten Tanah Bumbu makin gencar dilakukan.

Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kusan merupakan salah satu pihak yang ikut berkontribusi menyukseskan penghijauan itu.

Di Hutan Kota Batulicin, penanaman dilakukan di lahan seluas 5 hektare. Terdapat berbagai jenis tanaman hutan di sana, di antaranya sengon, mahoni, kedaung, trambesi, dan pete. Sejauh ini, lahan yang sudah tertanam mencapai 95 persen.

“Sementara ada beberapa bagian lahan yang tidak bisa ditanami karena masih tergenang air jika terjadi hujan,” ucap Kasi Perlindungan Hutan Kusan, Mustamin melalui siaran pers yang diterima bakabar.com, Jumat (14/8) pagi.

KPH Kusan sendiri sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait penanaman di hutan kota tersebut.

“Hasil koordinasi, akan melakukan pembuatan embung guna menampung air,” katanya.

Mustamin mengatakan saat ini pihaknya lebih fokus untuk melakukan penanaman di hutan, sebelum melaksanakan aktivitas pekerjaan kantor setiap pagi.

“Sekarang kegiatan lebih diperbanyak pemeliharaan, di antaranya seperti pemupukan, pendangiran, dan penyulaman,” bebernya.

Setiap melaksanakan penanaman, KPH Kusan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti jaga jarak dan memakai masker guna untuk memotong rantai penyebaran Covid-19.

Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner