News

Gaya Rambut Dinilai Kurang Beretika, Kades Sigerongan Bakal Dipanggil Pemkab Lombok Barat

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat akan memanggil Kepala Desa Sigerongan, Kecamatan Lingsar, Dian Siswadi yang berambut mohawk seperti anak punk.

Featured-Image
Kades Sigerongan. foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat akan memanggil Kepala Desa Sigerongan, Kecamatan Lingsar, Dian Siswadi yang berambut mohawk seperti anak punk.

Pemanggilan kades berumur 37 tahun itu dilakukan secara khusus untuk dimintai keterangan terkait gaya rambutnya.

"Ya segera akan kami panggil secara khusus ke kantor," tegas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lombok Barat Heri Ramadhan, dikutip dari detikBali, Rabu (8/3).

Heri mengatakan alasan pemanggilan itu murni untuk dimintai keterangan. Karena, gaya rambut Dian Siswadi dinilai kurang beretika sebagai pejabat desa.

"Memang tidak ada regulasi secara khusus yang mengatur gaya rambut kades. Tapi kalau itu dipandang, itu tidak bagus juga. Makanya kami akan panggil untuk memperbaiki gaya rambutnya," jelas Heri.

Menurut Heri, gaya rambut Dian Siswadi itu bisa saja menimbulkan reaksi kurang baik di tengah masyarakat maupun tokoh agama dan tokoh masyarakat desa setempat.

"Memang persoalan gaya rambut kades secara normatif tidak ada aturan dan regulasinya. Yang kami atur sejauh ini adalah penggunaan seragam dan atribut dari ujung kaki sampai kepala," terangnya.

Namun, kinerja Dian Siswadi selama empat tahun memimpin di Desa Sigerongan dinilai sangat baik. Bahkan sebut Heri, belum ada ditemukan penyelenggaraan pemerintahan desa dan pembangunan yang bermasalah selama dia menjadi kades.

"Ya belum kami temukan hal yang tidak baik dari kinerjanya. Tapi kan, gaya rambut viral ini bisa saja menimbulkan polemik," ujarnya.

Baca Juga: Fakta Kades Bergaya Nyentrik: Ubah Gaya Demi Viral-Mahir Bahasa Arab

Heri menilai jika sudah ada reaksi dari masyarakat dan tokoh agama, artinya sudah menimbulkan hal yang tidak baik yang menyebabkan kegaduhan.

"Kalau tidak ditindaklanjuti, maka khawatirnya ini akan meluas, terlebih itu jabatan politis. Jangan sampai meluas atau bahkan nanti muncul mosi tidak percaya di masyarakat," paparnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Desa (Kades) Sigerongan, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Dian Siswadi (37) viral di media sosial. Ia viral lantaran memiliki gaya rambut mohawk merah layaknya anak punk.

Dia mengekalim tetap bekerja seperti biasa walaupun gaya rambutnya yang seperti anak punk itu menjadi sorotan.

"Apapun tanggapan mereka boleh saja. Yang penting saya tetap bisa melayani masyarakat dengan baik," tutur Dian.

Dian kerap mengunggah beragam kegiatannya sebagai Kades Sigerongan di akun TikTok pribadinya yaitu @Kades_muda22.

Editor


Komentar
Banner
Banner