Religi

Full Peserta, Baayun Maulid di CBS Martapura Digelar Besok

Masyarakat Kabupaten Banjar antusias menyambut kegiatan perdana Baayun Maulid yang digelar di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Rabu (26/10).

Featured-Image
Panitia menyiapkan perlengkapan Tradisi Baayun Maulid, Selasa (25/10). Foto: apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, MARTAPURA - Masyarakat Kabupaten Banjar, Kalsel antusias menyambut kegiatan perdana Baayun Maulid yang digelar di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Rabu (26/10) besok.

Sedikitnya 100 unit tiang ayunan yang disediakan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudporapar) Banjar, sudah habis dipesan peserta.

Disbudporapar Banjar sendiri menyiapkan ayunan yang dilengkapi berbagai properti. Mulai dari kain bahalai lapis tiga, lipan, berbagai janur-januran, serta pernak-pernik lain.

"Kami hanya menyediakan gawang (tiang) dan tali ayunan, janur, serta sehelai kain kuning. Perlengkapan lain disiapkan sendiri oleh peserta," jelas Kabid Kebudayaan Disbudporapar, Tisnohadi Harimurti, Selasa (25/10).

Baayun Maulid ini sudah menjadi tradisi berbagai daerah di Kalimantan Selatan. Kerap digelar setiap Rabiul Awal tahun Hijriah guna memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW.

"Oleh karena perdana dilaksanakan Pemkab Banjar, kami membatasi usia peserta mulai 2 bulan hingga maksimal 7 tahun," papar Tisnohadi.

Semenara ide awal pelaksanaan adalah menyikapi minat warga Banjar yang mengikut kegiatan serupa di Tapin, "Hampir setiap tahun, mereka mengikuti mengikuti baayun maulid di Tapin," pungkas Tisnohadi.

Editor


Komentar
Banner
Banner