Rekomendasi Film

Film Ini Merekam Konflik Palestina-Israel, Wajib Tonton!

Konflik antara Palestina dengan Israel mendapat banyak perhatian dari seluruh penjuru dunia. Ada beberapa film yang merekam konflik tersebut.

Featured-Image
Film terkait konflik Palestina-Israel yang patut di tonton.

apahabar, JAKARTA - Konflik antara Palestina dengan Israel mendapat banyak perhatian dari seluruh penjuru dunia. Ada beberapa film yang merekam konflik tersebut. 

Konflik kedua negara tersebut sudah terjadi sejak abad ke 19. Namun konflik tak pernah benar-benar reda. Ada bara api yang terus tersimpan dalam sejarah Palestina - Israel.

Konflik Palestina - Israel kembali memanas pada Sabtu, 7 Oktober 2023 ketika Hamas kembali meluncurkan roket ke Israel.

Serangan militer Israel ke jalur Gaza sudah menewaskan 9.000 warga Palestina dan terus bertambah setiap harinya.

Pasukan Israel melakukan serangan udara maupun darat yang menghancurkan rumah, toko-toko, rumah sakit, hingga tempat pengungsian. Mayoritas korban yang terluka dan tewas adalah perempuan dan anak-anak.

Konflik dua negara ini juga terdokumentasikan dalam film yang bercerita tentang wilayah 'the promise land', tersebut. 

Berikut beberapa film asal Palestina yang mengangkat konflik Israel-Palestina:

Tel Aviv on Fire (2018)

Rekomendasi film terkait Palestina-Israel
Rekomendasi film terkait Palestina-Israel

Film ini dirilis perdana pada 2 September 2018. Film ini menceritakan tentang Salam yang merupakan konsultan serial TV popular di Palestina.

Suatu saat ia mendapatkan permasalahan dengan komandan pos pemeriksaan Israel. Setelah kejadian tersebut komandan pos memanfaatkan pengaruh militernya untuk mengancam Salam.

Film yang disutradarai oleh Sameh Zoabi ini diadaptasi dari kisah Mejor es que Gabriela no se Muera karangan Ricardo Hernandez Anzola.

Omar (2013)

Omar (2013). Foto: IMP Awards
Rekomendasi film terkait Palestina-Israel

Film ini menceritakan tentang seorang pemuda Palestina bernama Omar yang ingin menikahi kekasihnya Nadia. Ditengah perjuangan untuk menikahinya, Omar sedang berusaha untuk memperjuangkan kebebasan negaranya dari Israel.

Omar memiliki dua sahabat yaitu Tarek dan Amjad yang sama-sama berjuang untuk melawan pasukan penduduk Israel di Palestina. Mereka bertiga pun membuat strategi untuk melakukan pengintaian ke kamp pasukan Israel.

Dalam aksinya, salah satu sahabatnya membuat kesalahan yang membuat mereka semua menjadi buron. Omar disiksa selama dipenjara, sampai datanglah seorang agen Israel yang menawarkan kesepakatan kepada Omar.

Kesepakatan yang ditawari membuat Omar kebingungan antara memilih untuk menjadi pengkhianat bagi sahabatnya atau menikahi kekasihnya.

The Gatekeepers (2012)

Rekomendasi film terkait Palestina-Israel
Rekomendasi film terkait Palestina-Israel

The gatekeepers merupakan film documenter yang menceritakan situasi dan kondisi keamanan Israel.

Filmnya mengisahkan layanan keamanan dalam negeri Israel. Di dalam documenter ini menampilkan pengakuan dan wawancara dari enam orang mantan kepala Shin Bet, agensi keamanan internal negara.

Film juga menceritakan tentang bagaimana mereka melakukan metode penyiksaan terhadap salah satu anggota Hamas. Selain itu mereka juga bercerita mengenai upaya terorisme yang berhasil digagalkan di Israel.

Editor


Komentar
Banner
Banner