Festival Cokelat Glenmore 2023

Festival Cokelat Glenmore 2023 Dimeriahkan dengan Kakao Run 5 Km

Ratusan pelajar mulai tingkat SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK/MA Se Banyuwangi mengikuti lomba lari sejauh 5 kilometer.

Featured-Image
Ratusan peserta bersiap ikuti run 5 kilometer di Festival Cokelat Glenmore 2023 (11/3) (foto:apahabar.com/Mohamad Abdul)

bakabar.com, JAKARTA - Ratusan pelajar mulai tingkat SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK/MA Se Banyuwangi mengikuti lomba lari sejauh 5 kilometer. Lomba tersebut merupakan bagian dari gelaran Festival Cokelat Glenmore 2023.

Event tersebut terselenggara atas kolaborasi antara Pemkab Banyuwangi dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII Kendeng Lembu / Doesoen Kakao yang berada di kawasan Kecamatan Glenmore.

Menggandeng Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), hari pertama Festival Cokelat Glenmore menghadirkan Kakao Run sejauh 5 kilometer.

Mengambil start di Perkebunan Kendengkembu dan Finish di Doesoen Kakao PTPN XII Glenmore Banyuwangi, lomba lari ini diharapkan memunculkan para pelari jarak jauh Banyuwangi yang mampu bersaing di tingkat regional, nasional, bahkan di level Internasional.

Baca Juga: Sambut Ramadan, Warga Cungking Banyuwangi Gelar 'Resik Lawon'

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Muhammad Yanuarto Bramuda menerangkan Festival Cokelat Glenmore 2023 dikemas dengan berbagai macam acara.

Dengan menyuguhkan Kakao Run 5 Km, Yanuarto berharap kawasan itu bisa menjadi referensi yang menawarkan paket wisata lengkap.

"Cokelat di Banyuwangi salah satu Cokelat kategori terbaik di dunia, Maka kita mengemas Festival Cokelat Glenmore dengan Run 5 K," ujar Yanuarto kepada bakabar.com (11/3)

"Ya sambil lari, sambil edukasi menyusuri kebun cokelat." imbuhnya.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Pendapatan Nelayan di Banyuwangi Turun Drastis

Festival cokelat yang digelar mulai tanggal 11 hingga 12 Maret itu dimeriahkan dengan kehadiran beberapa UMKM yang kegiatannya menggunakan bahan dasar cokelat.

"Disini juga ada UMKM berbahan dasar cokelat yang turut meramaikan kegiatan ini," jelas Yanuarto akrab disapa 'Bram.

Secara umum, paket wisata di perkebunan cokelat itu dikombinasikan dengan berbagai kegiatan, mulai dari kuliner cokelat, proses pembuatan cokelat, hingga olahraga lari di area perkebunan cokelat yang sejuk.

Baca Juga: Ratusan Rumah Warga 7 Kecamatan di Banyuwangi Rusak Diterjang Puting Beliung

"Berwisata ke perkebunan cokelat Glenmore ini para wisatawan mendapatkan paket lengkap, bukan hanya sekedar berwisata, namun pengunjung juga bisa melihat proses pengolahan coklat," terangnya.

Festival Cokelat Glenmore menampilkan rangkaian acara yang cukup padat di hari ke 2 besok, Minggu (12/03). Sejumlah kegiatan, mulai dari lomba tari Gebyar Barong, pertunjukan komunitas layang-layang, HUT PTPN XII, atraksi paralayang hingga lomba kuliner olahan cokelat siap memanjakan para pengunjung.

Editor
Komentar
Banner
Banner