Sport

Fakta Menarik Hasil Undian Piala Dunia 2022, Kans Jerman Membalas Spanyol

apahabar.com, JAKARTA – Hasil undian fase grup Piala Dunia 2022 di Qatar tak menghasilkan banyak kejutan….

Featured-Image
Terakhir kali berhadapan di Piala Dunia, Spanyol berhasil mengalahkan Jerman. Foto: Zimbio

bakabar.com, JAKARTA – Hasil undian fase grup Piala Dunia 2022 di Qatar tak menghasilkan banyak kejutan. Namun terdapat sejumlah fakta menarik yang mengiringi.

Pengundian fase grup putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar telah dilakukan, Sabtu (2/4) dini hari.

Sejumlah negara besar mendapatkan lawan berat di fase grup. Salah satunya Jerman dan Spanyol yang tergabung di grup E bersama Jepang dan Kosta Rika atau Selandia Baru.

Kemudian grup H juga disebut sebagai salah satu grup neraka, karena berisikan Portugal, Uruguay, Ghana dan Korea Selatan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut fakta-fakta menarik hasil drawing Piala Dunia 2022:

1. Prancis akan menghadapi negara Afrika untuk kali keenam dalam tujuh edisi terakhir Piala Dunia. Sebelummnya mereka meladeni Afrika Selatan di 1998 dan 2010, Senegal di 2002, Togo di 2006, Nigeria di 2014 dan Tunisia di 2022.

2. Prancis sudah bertemu Denmark tiga kali di fase grup Piala Dunia. Ini termasuk Piala Dunia 1998 dan 2018 yang dimenangi Les Bleus.

3. Spanyol dan Jerman akan melakoni pertemuan kelima di Piala Dunia. Jerman memenangi dua pertemuan pertama, bermain imbang di pertemuan ketiga, lalu Spanyol menang dalam pertemuan terakhir di semifinal Piala Dunia 2010 berkat sundulan Carles Puyol.

4. Amerika Serikat dan Iran kembali berhadapan, sejak pertemuan di Piala Dunia 1998 yang kental nuansa politik. Sementara Inggris dan Amerika bertemu untuk kali ketiga di Piala Dunia, setelah 1950 dan 2010. Amerika menang 1-0 dan imbang 1-1 dalam dua pertemuan ini.

5. Brasil kembali bertemu Serbia dan Swiss di fase grup Piala Dunia 2022. Sebelumnya di Piala Dunia 2018, Brasil ditahan Swiss 1-1 dan menang 2-0 atas Serbia untuk menjadi juara grup.

6. Portugal akan menghadapi Korea Selatan yang dilatih mantan pelatih mereka Paulo Bento.

7. Uruguay memiliki rekor bagus atas lawan-lawan di grup H dalam edisi Piala Dunia sebelumnya. Uruguay menang 2-1 atas Korea Selatan di babak 16 besar Piala Dunia 2010, menang kontroversial atas Ghana di perempat final 2010, lalu mengalahkan Portugal 2-1 di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Berikut hasil lengkap pengundian fase grup Piala Dunia 2022:

Grup A: Qatar, Ekuador, Senegal, Belanda

Grup B: Inggris, Iran, Amerika Serikat, Pemenang Jalur A playoff Eropa (Wales/Skotlandia/Ukraina)

Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko, Polandia

Grup D: Prancis, Pemenang playoff antarbenua 1 (Uni Emirat Arab/Australia/Peru) Denmark, Tunisia

Grup E: Spanyol, Pemenang playoff antarbenua 2 (Kosta Rika/Selandia Baru) Jerman, Jepang

Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, Kroasia

Grup G: Brasil, Serbia, Swiss, Kamerun

Grup H: Portugal, Ghana, Uruguay, Korea Selatan



Komentar
Banner
Banner