PTAM Intan Banjar

Esok Air Leding Mati, PTAM Intan Banjar Kuras Reservoir

Gangguan distribusi air bersih pelanggan PT. Air Minum (PTAM) Intan Banjar (Perseroda) dijadwalkan esok, Rabu (21/2), sebagai dampak dari pembersihan reservoir.

Featured-Image
Kantor PTAM Intan Banjar (foto dok)

bakabar.com, BANJARBARU - PT. Air Minum Intan Banjar (Perseroda), akan melakukan pembersihan Water Treatment Plant (WTP) dan pengurasan Reservoir IPA (Instalasi Pengelolaan Air) Manarap mulai Rabu (21/2/2024) besok.

Jika ini pembersihan ini selesai dilaksanakan, maka dipastikan pendistribusian air bersih di lima wilayah seperti Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, kembali normal.

Direktur Utama PT. Air Minum Intan Banjar, Syaiful Anwar, melalui Humasnya, Mahyuni, mengatakan, pengerjaan ini dilakukan untuk mengoptimalkan produksi dan peningkatan kualitas air bersih.

“Karena ini harus kita lakukan untuk optimalisasi pelayanan supaya debit air yang kami bersihkan meningkat. Kemudian, kualitas air juga akan ikut meningkat,”ujarnya.

Selama pengerjaan, lima wilayah di Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, mengalami gangguan pendistribusian air bersih. “Pelanggan yang terdampak atau tidak mengalir adalah Jalan Ahmad Yani, Km 8 – Km 10 sebelah kiri dan kanan jalan. Di antaranya, Manarap Lama, Manarap Baru, Manarap Tengah, Handil Asang, Handil Barabai, Handil Jambu, dan sekitarnya,” ungkap Mahyuni.

Dijelaskan,  kapasitas WTP yang dibersihkan sebanyak 2 unit, masing-masing mempunyai debit air yang dapat diproduksi sekitar 50 liter per detik dan 20 liter dengan  total 70 liter per detik

Sementara, menurut dia, kapasitas reservoir atau penampungan yang dikuras untuk dibersihkan kurang lebih 200 m3.

“Pembersihannya sekitar 9 jam yakni mulai pukul 08.00 – 17.00 Wita sesuai yang kita jadwalkan tapi mudah-mudahan selesainya lebih awal sehingga dampak gangguan pendistribusian air bersih juga cepat teratasi,” papar dia.

Artinya, menurut Mahyuni, setelah pembersihan WTP dan reservoir IPA Manarap selama 9 jam selesai dikerjakan, pendistribusian air bersih di lima wilayah di Kecamatan Kertak Hanyar dengan jumlah 14.500 pelanggan terdampak dipastikan kembali berjalan normal sesuai estimasi waktu yang telah ditetapkan.

“Kalau yang dekat, pendistribusian airnya cepat saja cuman untuk yang dibeberapa lokasi paling ujung (kilometer 10 atau di gang) estimasi pengembaliannya bervariasi bisa 4 jam atau satu harian,” bebernya.

Ia mengimbau, agar warga yang menjadi pelanggan PT Air Minum Intan Banjar (Perseroda) mulai saat ini bisa menyediakan penampungan air. Agar saat pembersihan dilakukan kebutuhan air bersih tetap terpenuhi.

“Pelanggan yang terdampak mohon untuk menampung air selama proses pengerjaan berlangsung dan sampai kembali normal sesuai keadaan jaringan perpipaan,” katanya.

Selain itu, dirinya memastikan, pengerjaan pembersihan WTP dan pengurasan reservoir IPA Manarap, Rabu (21/2/2024) besok, oleh PT. Air Minum Intan Banjar (Perseroda) tak berdampak ke wilayah Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar.

“Yang kita kuras itu hanya wilayah di Kertak Hanyar saja. Jadi, mulai km 8 – km 10 dari kiri dan kanan jalan itu merupakan pelanggan PT AM Intan Banjar cabang II (dua) Kertak Hanyar,” tukas Mahyuni. (adv)

Editor


Komentar
Banner
Banner