Pemilu 2024

Erick Thohir Bakal Patuhi Perintah Jokowi: Ganjar atau Prabowo?

Pakar komunikasi politik Universitas Brawijaya, Anang Sujoko menilai Menteri BUMN Erick Thohir bakal mengikuti perintah Presiden Jokowi untuk memilih

Featured-Image
Ketua umum PSSI Erick Thohir bersama Presiden Joko Widodo saat menyaksikan laga Timnas Indonesia Vs Argentina. (Foto: IG/erickthohir)

bakabar.com, JAKARTA - Pakar komunikasi politik Universitas Brawijaya, Anang Sujoko menilai Menteri BUMN Erick Thohir bakal mengikuti perintah Presiden Jokowi untuk memilih menjadi cawapres Ganjar atau Prabowo Subianto.

Sebab Erick Thohir yang terbilang mengantongi kans menjadi cawapres, masih menunggu restu Jokowi untuk berlabuh.

"Sekarang tinggal Erick mau atau tidak berpasangan dengan Ganjar atau Prabowo. Saya yakin sekali Erick akan patuh pada perintah Jokowi," kata Anang, Minggu (20/8).

Baca Juga: PDIP Masih Perhitungkan Erick Thohir jadi Cawapres Ganjar

Kedua bacapres yakni Prabowo dan Ganjar telah mengantongi tiket melaju dan berlaga di Pilpres 2024. Namun keduanya juga masih kompak tak lekas memutuskan cawapres yang bakal mendampingi.

Begitu juga dengan Anies Baswedan yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), hingga kini masih menggantung nominasi cawapres.

Ia meyakini sosok Erick potensial maju sebagai bacawapres, mengingat beberapa hasil survei termasuk yang digelar Indikator Politik, menunjukkan nama dia unggul dan bersaing dengan tokoh-tokoh lain seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Bahkan dalam rilis survei terbaru Indikator Politik, nama Erick terlihat dominan dibandingkan dengan nama-nama yang potensial lainnya karena dia mampu membantu Ganjar atau Prabowo memperoleh suara di atas 30 persen dalam simulasi Pilpres 2024.

Baca Juga: Erick Thohir Patok Syarat jadi Cawapres: Lanjutkan Program Jokowi!

Pasangan Prabowo Subianto dan Erick Thohir, dalam survei terbaru Indikator, memperoleh 33,9 persen suara, sementara pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir memperoleh 35,5 persen suara saat berhadapan dengan Prabowo-Airlangga, dan 35,8 persen suara saat berhadapan dengan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka.

Terkait dengan hasil itu, Anang menilai wajar jika PDI Perjuangan, terutama dari kalangan akar rumputnya, menghendaki Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi Ganjar.

"Salah satu bukti akar rumputnya mendukung Erick untuk dapat mendampingi Ganjar dapat dilihat dari pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah," jelasnya.

Terlebih Erick Thohir juga masih dipertimbangkan PDIP untuk menjadi cawapres Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Namun, kata Anang, keinginan itu kemungkinan terhambat oleh sikap Jokowi yang cenderung memasangkan Prabowo dan Erick.

"Saat ini Jokowi memosisikan Erick bersama Prabowo," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner