DPRD Banjarbaru

Enggan UMKM Tergerus, DPRD Banjarbaru Dorong Digitalisasi

apahabar.com, BANJARBARU – Merespons ketatnya persaingan bisnis, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota…

Featured-Image
Anggota DPRD Kota Banjarbaru Nurkhalis Anshari. Foto: Istimewa

bakabar.com, BANJARBARU – Merespons ketatnya persaingan bisnis, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Banjarbaru diminta untuk lebih melek teknologi.

Hal tersebut disampaikan Anggota DPRD Kota Banjarbaru Nurkhalis Anshari. Menurutnya, UMKM merupakan salah satu unit usaha yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di Kota Banjarbaru.

UMKM juga merupakan salah satu penyokong perekonomian di Kota Banjarbaru, khususnya pada masyarakat golongan bawah dan menengah.

“UMKM sendiri memiliki peran strategis dalam upaya pemerintah mengatasi kemiskinan dan pengangguran,” katanya kepada bakabar.com, Rabu (18/5).

Karena UMKM, kata dia, dapat menyerap tenaga kerja. Sehingga pengangguran akibat tidak terserapnya angkatan kerja menjadi berkurang.

Sayangnya, dalam beberapa hal UMKM, kata dia, kurang memiliki ketahanan dan fleksibilitas dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Seperti tingkat digitalisasi yang masih rendah, kesulitan dalam mengakses teknologi, dan kurangnya pemahaman tentang strategi bertahan dalam bisnis.

“Maka untuk itu, UMKM harus memiliki strategi untuk dapat bertahan di tengah pandemi ini dan dituntut dapat menyesuaikan diri terhadap kondisi yang terjadi, termasuk perkembangan zaman,” harapnya.

Sehingga dengan begitu, Nurkhalis bilang, pelaku UMKM dapat mengubah tantangan yang ada menjadi peluang.

Tak lupa, pihaknya juga mendorong pemerintah daerah agar menguatkan program digitalisasi UMKM guna menyelamatkan ekonomi Banjarbaru dari krisis. Apalagi, katanya, potensi pertumbuhan UMKM di Kota Banjarbaru masih sangat besar.

“Jika tidak segera berinovasi, dikhawatirkan potensi UMKM Kota Banjarbaru akan tergerus perkembangan zaman. Pelaku UMKM harus mampu mengikuti tren digital saat ini,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner