Nasional

Enggan Hanya Menonton, BLK Kotabaru Buka Pelatihan Operator Alat Berat Untuk Pencari Kerja

Untuk kali pertama Balai Latihan Kerja (BLK) Kotabaru menggelar pelatihan operator alat berat untuk puluhan peserta pencari kerja, Senin (16/10).

Featured-Image
BLK Kotabaru menggelar sederet pelatihan, termasuk operator alat berat.

bakabar.com, KOTABARU - Untuk kali pertama Balai Latihan Kerja (BLK) Kotabaru menggelar pelatihan operator alat berat untuk puluhan peserta pencari kerja, Senin (16/10).

Tercatat sebanyak 32 pencari kerja antusias mengikuti pelatihan. Mengingat tingkat pekerjaan dan peralatan yang akan ditangani, pelatihan operator alat berat ini berlangsung selama satu bulan.

Selain pelatihan alat berat, BLK Kotabaru juga membuka pelatihan komputer dengan peserta 16 orang, garment apparel sebanyak 16 orang, serta pembuatan roti dan kue dengan 16 peserta.

"Pelatihan menggunakan metode 75 persen praktik dan 25 persen teori. Adapun  total peserta 80 orang dari seluruh kecamatan, termasuk Sungai Durian," papar Febri Sitepu, Kepala UPT BLK Kotabaru.

"Kami sengaja membuka pelatihan alat berat, mengingat jenis pekerjaan ini cukup banyak dicari sejumlah perusahaan. Artinya pelatihan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan," imbuhnya.

Sementara instruktur yang dimiliki BLK Kotabaru berjumlah 4 orang. Namun  khusus instruktur alat berat, pembuatan kue dan garmen apparel didatangkan dari luar, "Satu-satunya instruktur yang dari kami hanya komputer," tukas Febri.

Sementara Kadisnakertrans Kotabaru, Sugian Noor, menegaskan bahwa pelatihan tersebut juga dalam rangka persiapan daerah sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Melalui pembekalan keterampilan kerja, diharapkan putra daerah tidak hanya menjadi penonton di daerah sendiri," tegas Sugian.

Editor


Komentar
Banner
Banner