Tak Berkategori

Eksotisme Loksado Bikin Dubes RI bersama Rombongan asal Finlandia dan Estonia Kagum

apahabar.com, KANDANGAN – Eksotisme alam Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan mampu membius siapa…

Featured-Image
Suasana rombongan asal Finlandia & Estonia saat berada di Loksado disambut dengan Budaya Babalian. Foto-Kominfo HSS

bakabar.com, KANDANGAN – Eksotisme alam Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan mampu membius siapa saja yang datang. Tak terkecuali, rombongan wartawan manca negara asal Finlandia dan Estonia yang berkunjung ke sana.

Kedatangan mereka bersama duta besar RI untuk Finlandia dan Estonia, Wiwiek Setyawati Firman selama dua hari, Jumat (15/03/2019) dan Sabtu (16/03/2019). Wiwiek mengajak awak media, operator dan asosiasi pariwisata asal Finlandia dan Estonia. Antara lain, Pauliina Hukko dari Tampere Unitevesity Finlandia, Thea Karin dari Kuku Raadio Estonia, Revo Raudjarv dan Joosep Kink dari Tallin TV Estonia.

Mereka sengaja berkunjung ke Kalsel untuk melihat lebih dekat potensi di sini khususnya bidang ekonomi, pariwisata, kebudayaan dan kearifan lokal serta keanekaragaman hayati.Saat berkunjung ke Loksado, pada Jumat malam, rombongan terlebih dulu disuguhkan seni budaya Babalian.

“Kalau saya, sebagai orang Indonesia menyatakan bahwa ini sangat luar biasa, yang juga merupakan potensi kita, kekayaan yang harus kita jaga dan terus dikembangkan menjadi lebih baik lagi dari sekarang,” ungkap Wiwiek.

img

Foto-superadventure.co.id

Kepadanya, rombongan Finlandia & Estonia juga mengungkapkan hal yang sama, saat berada di Loksado. Kepada Wiwiek, mereka sangat takjub melihat keindahan alam yang dimiliki.

“Sangat mengagumkan dan mengherankan, serta mereka bilang terbaik dari daerah-daerah wisata yang sudah mereka kunjungi,” sebut Wiwiek.

Dikatakannya, orang-orang Finlandia dan Estonia terkenal sebagai orang-orang yang jujur, mereka akan berkata apa yang dipikirkan dan dirasakan. Karena tambah Wiwiek, itulah karakteristik orang Finlandia dan Estonia sebenarnya, jujur dan berkata benar.

img

Foto-Kominfo HSS

Baca Juga:3 Kota di Eropa Ini Pernah Hilang dan Ditemukan Kembali

Pada kesempatan ini pula Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad S.AP, MA mengatakan, dengan adanya kedatangan mereka dapat membuat Loksado makin terkenal di mata dunia.

“Kalau mereka berbicara itu, orang akan sangat mendengar dan akan mengikuti. Jadi mereka menjanjikan akan banyak turis-turis yang akan datang ke Loksado, mudah-mudahan ini semua menjadi kebaikan kita semua,” harapnya.

Disampaikan pula ucapan terimakasih kepada pemerintah Provinsi Kalsel beserta jajaran, terlebih lagi kepada Dubes RI (Finlandia & Estonia) telah membawa delegasi untuk kemajuan pariwisata di HSS.

“Pemkab HSS sangat menyambut baik, ini tentu sebagai cikal bakal wisata kita semakin berkembang kedepan,” pungkasnya.

img

Foto-gardanasional.id

Turut mendampingi rombongan, Kepala Dinas Kehutanan Kalsel Dr Hanif Faisol Nurofiq S.Hut MP, Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Drs Dahnial Kifli M.AP, Kepala Disporapar HSS M Arlian Syahrial M. Pd, Kepala Dinas Pendidikan HSS Nordiansyah S.Sos M.Si, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Drs. Asliansyah.

img

Foto-pegipegi.com

Baca Juga: Ini 5 Aktivitas yang Wajib Dicoba, Saat Liburan ke Kuala Lumpur

Reporter: AHC Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner