Kalsel

Eks Gubenur Kalsel: Masyarakat HST Sejahtera Tanpa Tambang

apahabar.com, BANJARMASIN – H Rudy Ariffin memuji Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang mempertahankan Pegunungan…

Featured-Image
Ilustrasi pegunungan Meratus. Foto-Dok.Mapala Meratus

bakabar.com, BANJARMASIN – H Rudy Ariffin memuji Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang mempertahankan Pegunungan Meratus bebas dari pertambangan batu bara.

Apresiasi tersebut disampaikan saat eks Gubernur Kalsel itu menyampaikan wejangan selaku penasihat Himpunan Kerukunan Keluarga Besar (HKKB) Marakata HST Kalsel dan Kalteng pada temu warga Murakata di Banjarmasin, Sabtu.

Padahal, menurut mantan Gubernur Kalsel dua periode itu, “Bumi Murakata” HST yaitu kawasan Meratus bukan tidak ada tambang, melainkan pula memiliki kandungan batu bara yang cukup potensial.

“Tetapi walau tidak menambang pemerintah daerah dan masyarakat setempat tampaknya masih sejahtera serta bisa membangun,” ujar Rudi Ariffin yang juga orang Bumi Murakata HST.

Oleh sebab itu, mantan Bupati Banjar, Kalsel dua periode tersebut berkeyakinan, pembangunan daerah dan masyarakat HST akan terus maju tanpa harus menambang atau merusak lingkungan hidup Meratus.

Pasalnya Maratus HST kini satu-satunya penyangga bencana, karena dari sepuluh kabupaten di Kalsel yang memiliki sumber daya alam berupa batu bara sudah ramai kegiatan usaha pertambangan.

Sementara Bupati HST HA Chairansyah dalam acara silaturahmi dan halal bihalal warga Murakata tersebut mengajak untuk meningkatkan kebersamaan guna kemajuan serta peningkatan pembangunan di daerah.

Ajakan orang nomor satu di jajaran pemerintah kabupaten (Pemkab) HST tersebut sesuai tema halalbihalal warga Murakata yaitu “Rakat di Banua (maksudnya daerah sendiri), Mufakat di Perantauan”.

Baca Juga: Suka Cita Kurban di Pegunungan Meratus

Baca Juga: Agustusan di Istana Merdeka, Gerakan Save Meratus Kembali Bergaung

Sumber: Antara
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner