Pemilu 2024

Dukungan Muhammadiyah Jadi Modal Kuat PAN Jelang Pemilu 2024

Hubungan kuat PAN dengan organisasi Islam besar di Indonesia seperti Muhammadiyah akan menjadi modal kuat mereka di Pemilu 2024.

Featured-Image
PAN saat mendaftar di KPU. (Foto: apahabar.com/Aditama)

bakabar.com, JAKARTA - Pengamat politik, Ujang Komarudin mengatakan hubungan kuat Partai Amanat Nasional (PAN) dengan organisasi Islam besar di Indonesia, Muhammadiyah bisa jadi modal kuat jelang Pemilu 2024.

"Saya meyakini kalau PAN ya masih bisa lolos untuk pemilu 2024 nanti. Karena basis massanya jelas. Suara terbanyak dari kalangan Muhammadiyah," ujarnya pada bakabar.com, Jumat (26/5).

Sebelumnya PAN diketahui mendapat hasil 3,2 persen dalam survei terbaru Litbang Kompas.

Angka tersebut lantas membuat PAN diprediksi tidak lolos ke DPR RI di Pemilu 2024 karena tidak memenuhi ketentuan ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) 4 persen.

Baca Juga: PAN Terjunkan Zulhas Jadi Caleg Demi Rebut Suara di Jateng

Namun, berkaca pada dua pemilu terakhir, partai yang lekat dengan warna biru tersebut selalu berhasil meraih suara yang melebihi 4 persen di Pemilihan Legistlatif (Pileg).

"PAN selalu membuktikan dari katakanlah 2 pemilu terakhir PAN selalu lolos ke Senayan," tukasnya.

PAN sendiri mayoritas didukung oleh kalangan Muhammadiyah dan menjadikannya salah satu partai yang memiliki kedekatan dengan organisasi Islam terbesar di Indonesia. 

"Jadi dari situ saja sudah kelihatan bahwa PAN itu didukung oleh jaringan dari akar rumput Muhammadiyah," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner