Arus Mudik 2023

Dukung Mudik Lebaran, Jasa Marga Tingkatkan Kapasitas Lajur Tol Japek

Jasa Marga terus meningkatkan kapasitas lajur di Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) dalam rangka mendukung arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Featured-Image
Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menyampaikan keterangan kepada awak media di Tol Jakarta - Cikampek II Selatan, Jawa Barat, Selasa (11/4/2023). Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk meningkatkan kapasitas lajur di Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) dalam rangka mendukung arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengungkapkan, berdasarkan evaluasi tahun lalu, kapasitas di Tol Japek pada hari-hari normal sudah melebihi dari rasio perbandingan volume dengan kapasitas normalnya yakni 0,8.

"Jadi memang ini merupakan program Jasa Marga untuk bisa meningkatkan kapasitas lajur di Tol Japek," ujar  di Tol Jakarta - Cikampek II Selatan, Jawa Barat, Selasa (11/4).

Melalui peningkatan kapasitas pelebaran lajur tersebut, lanjut Lisye, maka yang semula tiga lajur di masing-masing jalur saat ini menjadi empat lajur.

Baca Juga: Pemeriksaan BPK, Jasa Marga Diharapkan Komitmennya Menindaklanjuti LHP

"Hal tersebut memang disiapkan untuk menghadapi lonjakan angkutan Lebaran pada saat arus mudik dan balik. Jadi kapasitasnya meningkat mulai dari tadinya total enam lajur menjadi delapan lajur untuk mengakomodir angkutan Lebaran," katanya.

Peningkatan kapasitas lajur di Tol Japek dilakukan dalam rangka mendukung rencana rekayasa lalu lintas dari KM 47 hingga KM 72 Tol Japek. Caranya dengan contra flow.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk siap memberikan pelayanan optimal pada arus mudik dan balik pada Lebaran tahun ini.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menegaskan Jasa Marga perlu melakukan langkah antisipasi dan menyiapkan strategi pelayanan operasi secara lebih matang untuk mewujudkan Mudik Aman Berkesan, seperti yang diamanatkan Pemerintah.

Baca Juga: Mudik Lebaran, Jasa Marga Siapkan 11 SPKLU Hingga Mobil Derek

Subakti juga tidak menampik jika Lebaran tahun ini kondisi lalu lintas diproyeksikan akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tahun lalu. Peningkatan itu terjadi, baik pada periode arus mudik maupun arus balik.

Hal itu mengingat saat ini situasi telah berangsur normal dari pandemi COVID-19, sehingga tidak lagi ada pembatasan mobilitas.

Selain kesiapan operasional, Jasa Marga juga menyiapkan strategi komunikasi dan manajemen informasi kepada para pengguna jalan tol, khususnya dalam menyampaikan himbauan dan panduan perjalanan.

Editor
Komentar
Banner
Banner