Kodim 1022 Tanah Bumbu

Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Kusan Hulu Gandeng Gapoktan Tanam Padi Unggul

apahabar.com, BATULICIN – Babinsa Koramil 1022-02/Kusan Hulu Kodim 1022/Tanah Bumbu menggandeng gabungan kelompok tani (Gapoktan) dalam…

Featured-Image
Babinsa Kusan Hulu saat menanam padi bersama poktan. Foto-Kodim 1022/TNB.

bakabar.com, BATULICIN – Babinsa Koramil 1022-02/Kusan Hulu Kodim 1022/Tanah Bumbu menggandeng gabungan kelompok tani (Gapoktan) dalam kegiatan penanaman padi unggul.

Kegiatan tersebut adalah dalam rangka mendukung program ketahanan pangan yang digelar di Desa Anjir Baru, Kecamatan Kusan Hulu, Sabtu (11/12).

Ada tiga Gapoktan yang ikut melaksanakan penanaman padi unggul tersebut yakni Poktan Mekar Sari, Poktan Sinar Kusan, dan Poktan Bina makmur yang semuanya diprakarsai oleh Sertu Agus Salim berkerja sama Kepala Desa Anjir Baru, Saipul Rahman.

img

Babinsa Kusan Hulu saat menanam padi bersama poktan. Foto-Kodim 1022/TNB.

Selain penanaman padi perdana secara serentak, juga diberikan penyuluhan tentang pengelolaan unsur hara dan cara mengatasi hama penyakit pada tanaman serta teknik penyemprotan yang baik.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan hasil pertanian demi membantu mensukseskan ketahanan pangan wilayah.

“Melalui babinsa, kami terus membantu dan membina kelompok tani untuk mendukung kemajuan suatu daerah dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok,” ucap Dandim 1022/Tanah Bumbu, melalui Danramil 1022-02/Kusan Hulu, Kapten Inf Hady Raharjo.

Danramil mengatakan para petani perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak, termasuk TNI untuk meningkatkan hasil pertaniannya.

Perhatian yang harus diberikan utamanya adalah bagaimana mengatasi berbagai kendala yang bisa mengakibatkan gagal panen.

“Berbagai kendala yang dihadapi para petani perlu mendapat perhatian dan penanganan dari berbagai pihak terkait, sebagai aparat kewilayahan Babinsa perlu membina dan membantu mengatasinya agar mendapatkan hasil yang baik dalam ketahanan pangan,” pungkas Danramil.

Komentar
Banner
Banner