Nasional

Dukung Haul Guru Sekumpul, Dinas Kelautan Kalsel Salurkan 1 Ton Lebih Ikan Segar ke Dapur Umum

Dinas Kelautan Kalimantan Selatan menyalurkan ikan segar ke sejumlah dapur umum untuk kegiatan haul ke-19 Guru Sekumpul.

Featured-Image
1 ton lebih ikan segar disalurkan ke dapur umum untuk dukung konsumsi haul ke-19 Guru Sekumpul. Foto-apahabar.com/Hasan

bakabar.com, BANJARBARU - Dinas Kelautan Kalimantan Selatan (Kalsel) menyalurkan ikan segar ke sejumlah dapur umum untuk kegiatan haul ke-19 Guru Sekumpul.

Total ikan segar yang disalurkan sebanyak 1,85 ton. Terbagi dari ikan patin, peda dan lajang salmon.

"Kami salurkan 35 kilogram per dapur umum," kata Kepala Dinas Kelautan Kalsel, Rusdi Hartono, Jumat (12/1).

"Ikan yang kami bagikan ini terserah saja, apakah itu untuk dijadikan nasi bungkus atau dimasak buat relawan, tidak masalah. Yang penting kami ingin berkontribusi dalam pelaksanaan haul dan mendapatkan berkah," imbuhnya.

Pembangian ikan segar ini sudah dilakukan Dinas Kelautan Kalsel sejak beberapa tahun ke belakang saat perayaan haul Guru Sekumpul.

Rusdi bilang, apa yang telah diberikan diharapkan menjadi manfaat bagi penerima. Dia juga menyebut, pelaksanaan haul Guru Sekumpul merupakan acara nasional lagi, tapi internasional.

Tak hanya itu, Dinas Sosial Kalsel juga menyiapkan makanan siap saji 10 ribu porsi untuk menjamu jemaah haul Guru Sekumpul yang ke-19.

"Puluhan ribu porsi makanan ini disediakan oleh dapur umum yang kami dirikan dan membutuhkan beras sebanyak 2 ton lebih," sahut Achmadi, Kabid Penanganan Bencana padq Dinsos Kalsel.

Adapun lauknya, bervariasi. Ada telur dan ayam. Tak hanya nasi dan lauk, pihaknya juga menyediakan beragam aneka gorengan untuk dinikmati jemaah yang datang.

Dapur umum Dinsos Kalsel sendiri berada di Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PPRSLU) Budi Sejahtera Martapura (eks Tresna Werdha).

Editor
Komentar
Banner
Banner