Kalsel

Duka Awal Tahun, Dahsyatnya Banjir Kalsel hingga Sriwijaya Jatuh

AWAL tahun di Kalimantan Selatan, dan sejumlah daerah di Indonesia berselimut duka. Belum bebas dari pandemi…

Featured-Image

AWAL tahun di Kalimantan Selatan, dan sejumlah daerah di Indonesia berselimut duka.

Belum bebas dari pandemi Covid-19, kini warga di Kalimantan harus berjibaku menyelamatkan diri dari bencana banjir.

Banjir menerjang lebih dari setengah wilayah di Kalimantan Selatan menjadi berita terpopuler, sepekan belakangan ini. Selain banjir, peristiwa jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182, kecelakaan maut di Tanah Bumbu, hingga pemberlakuan pembatasan aktivitas masyarakat di Banjarmasin juga mendapat sorotan publik.

1 Banjir Kalsel

img

Banjir menerjang Kalsel sejak akhir pekan kemarin. Sampai hari ini, 27.111 rumah di delapan kabupaten atau kota di Kalsel terendam air. Puluhan ribu jiwa yang mengungsi membutuhkan uluran tangan. Foto: Istimewa

Memasuki pekan ketiga di awal 2021, genangan air tak kunjung surut. Justru semakin meluas hingga ke 9 kabupaten/kota terdampak di Kalsel.

Pemprov Kalsel bahkan menaikkan status menjadi tanggap darurat. Dua daerah pertama yang menyatakannya adalah Tanah laut dan Banjar, lalu disusul daerah lainnya.

Data terakhir BPNB mencatat, banjir telah menyebabkan 112.709 warga di Kalsel harus mengungsi dari kediamannya. 27.111 rumah terendam, serta beberapa akses jalan terputus akibat terjangan banjir.

Musibah ini juga merenggut lebih dari 5 nyawa warga Kalsel. Terbaru, sesosok mayat ditemukan mengambang di Kampung Melayu Ilir, kecamatan Martapura Timur, kabupaten Banjar, Minggu (17/1) pagi.

Lebih dari dua pekan berlangsung, warga Kalsel dibuat kecewa lantaran pemerintah pusat lamban merespons bencana di Banua. Presiden Joko Widodo bahkan menerima hujatan dari warganet lantaran luput mengucapkan duka atas apa yang terjadi di Kalsel.

Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!!

Sosial media memberikan pengaruh besar hingga memunculkan tagar #PrayForKalsel dan #KalselJugaIndonesia. Upaya ini membuahkan hasil, beberapa jam setelahnya Jokowi langsung memberikan respons dan instruksi untuk mengirimkan bala bantuan.

Kemarin, Sabtu (17/1), sejumlah bantuan mulai dikirimkan melalui Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Rombongan melakukan kunjungan langsung di titik banjir terdekat yaitu Pengayuan Landasan Ulin Selatan.

Mereka datang membawa serta delapan perahu karet, delapan motor tempel, 16 tangki bahan bakar, 32 dayung dan alat selam empat set, alat mountenering dua set, HT Motorolla 12 set serta 27 swimvest.

"Presiden RI Joko Widodo juga membantu 34 perahu karet dengan motor tempel, selimut dan 10.000 paket sembako yang hari ini saya serahkan secara langsung di posko pengungsian di Kecamatan Liang Anggang, Banjarbaru," tutur Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Sabtu (16/1).

Kunjungan singkat ini kembali menuai kontra dari masyarakat, lantaran daerah prioritas atau titik terparah banjir tidak dipantau secara langsung.

Secercah harapan, Presiden Jokowi dikabarkan akan bertandang ke Kalsel untuk meninjau langsung lokasi banjir, Senin (17/1) esok.

Danrem Firmansyah membenarkan rencana kedatangan orang nomor satu di republik ini. Meskipun, dia belum bisa memastikan jadwal pasti kedatangan Jokowi.

“Jadwal kedatangan masih tentatif, tetapi kita tetap melaksanakan saja. Jadi begitu disampaikan nanti hasil rapat terakhir beliau berangkat, kita langsung fix-kan. Tapi sekali lagi, jam berapanya kami masih belum dapat,” ujarnya usai rapat di Markas Korem 101/Antasari, Minggu (17/1) siang.

2. Pembatasan Banjarmasin

img

Pembatasan arus menuju pintu masuk Banjarmasin di KM 6 mulai diberlakukan di malam pertama PPKM. Foto-bakabar.com/Muhammad Syahbani

Upaya menekan angka kasus penularan Covid-19 terus digencarkan pemerintah. Bukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar, melainkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kebijakan ini dinilai tepat dalam menjaga perekonomian tetap berjalan.

Banjarmasin, menjadi kota pertama yang resmi menerapkan aturan ini. Terhitung 11 hingga 25 Januari, aktivitas masyarakat di ruang publik makin dibatasi.

Serupa dengan aturan saat PSBB, pintu masuk Banjarmasin dijaga ketat saat malam hari sejak diberlakukan. Petugas akan memeriksa identitas pengendara yang melewati jalur utama gerbang pintu masuk Banjarmasin.

“Pengecekan KTP, bisa juga sekaligus operasi yustisi,” terang Kapolresta Banjarmasin, Kombes Rachmat Hendrawan.

Operasi yustisi juga menyasar tempat hingga kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, seperti cafe, rumah makan hingga pusat perbelanjaan. Hari pertama berjalan, aparat gabungan mendapati tempat usaha yang buka melewati batas waktu yang ditentukan. Tidak ada sanksi, petugas hanya memberikan teguran lisan.

Hingga sepekan, PPKM di Banjarmasin maupun kota lainnya seakan tak berjalan. Salah satu faktornya adalah terjadinya bencana banjir yang melanda Kalsel belakangan ini.

3. Bos Soto Banjar di SJ-182

img

Postingan Ratih Ratih Windania sebelum naik ke Sriwijaya Air yang jatuh di Pulau Seribu. Foto-Instagram

Duka mendalam datang dari kabar jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJY-182 rute Jakarta-Pontianak, Sabtu (9/1) kemarin. Satu di antara korbannya adalah Ratih Windania, perempuan ini diketahui adalah pemilik rumah makan Soto Banjar Ninik Acil.

Perempuan berdarah Banjar ini sempat mengabadikan beberapa unggahan stories sebelum dinyatakan sebagai korban SJ-182. Di antaranya adalah momen perpisahannya bersama keluarga saat berada di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta.“Dadah kita pulang dulu ya,” begitu kiranya ucapan Ratih di video yang diunggahnya.

Tak ayal, isyarat perpisahannya tersebut kemudian mengundang simpati dari warga net yang turut berduka. Doa dan ucapan belasungkawa pun membanjiri kolom komentar akun instagram Ratih.

4. Tabrakan Horor di Tanbu

img

Motor korban usai tabrakan truk tronton vs motor Yamaha Vixion di Jalan Sumpol, Satui. Pemotor tewas di tempat. Foto-Kapolsek Satui for bakabar.com

Tabrakan maut menimpa seorang pengendara saat motornya bersinggungan dengan truk tronton yang melintas di Jalan Sumpol (HPH) Kilometer 9, Kecamatan Satui, Tanah Bumbu, Minggu (10/1). Ujung dari kecelakaan hebat ini, sang pemotor tewas di lokasi kejadian

Diketahui, korban adalah Herpinus Siregar yang merupakan anggota security PT Batulicin Enam Sembilan. Sementara, pengemudi tronton bernama Hariyadi yang bekerja di sebuah perusahaan jasa angkutan batu bara Rizky Dua Putri.

Kapolsek Satui, Iptu Shoqif Febrian Yuwindayasa membeberkan truk tronton yang bertujuan mengambil muatan batu bara, datang dari arah gunung. Lokasi kejadian di Simpang Empat, tabrakan tak dapat dihindari karena diketahui supir tidak melihat pengendara lain.

5. Pencabulan Tanbu

img

Tersangka Imis (38) dan barang bukti sarung hijau bermotif kotak-kotak. Foto-Humas Polres Tanbu

Lima hari lalu, predator seksual anak kembali ditangkap di Kalsel. Pelaku merupakan bekas pegawai tidak tetap di Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tanah Bumbu.

MNR (37) diketahui melancarkan aksinya di Batulicin, Sabtu (9/1) dan diamankan 3 hari setelahnya di kediamannya. Dipaparkan Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Himawan Sutanto Saragih, pelaku mengiming-imingi korban dengan uang Rp10 ribu rupiah agar korban membiarkan pelaku berbuat tak senonoh.

Sejurus kemudian, aksi kotornya hampir dipergoki oleh ibu korban. Pelaku kemudian menghindar dan meninggalkan rumah korban.

Kejadian ini kemudian dilaporkan ibu korban ke Polres Tanah Bumbu untuk diproses secara hukum.

6. Obat Terlarang di Tabalong

img

ZA (baju putih), RI (baju merah) bersama barang bukti yang disita petugas, saat berada di Polres Tabalong. Foto-Istimewa

Sepekan terakhir, bakabar.com mencatat dua kasus penyalahgunaan narkoba di Tabalong. Satu di antaranya melibatkan pelajar yang diduga mengedarkan obat terlarang dengan kandungan Carisoprodol.

FI (16) tahun bersama rekannya MR (20) tertangkap tangan dengan barang bukti 10 kaplet obat warna putih tanpa merek dengan penanda strip pada satu sisi, diduga mengandung Carisoprodol atau biasa disebut obat zenith.

“Setiap kapletnya berisi 10 tablet dengan total keseluruhan 100 tablet,” kata Kapolres Tabalong, AKBP M Muchdori melalui Kasubag Humas AKP Otto, Selasa (12/1).

Berselang sehari, Satresnarkoba Polres Tabalong berhasil mengungkap sang pemasok obat yaitu ZA (25), warga desa Panawakan, kecamatan Haur Gading, kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

ZA mengakui barang haram tersebut dia beli dari seorang warga Amuntai berinisial RI (46), lalu dijual kepada MR. Petugas lalu melakukan penangkapan di desa Sungai Turak Dalam, HSU. Bersamanya disita barang bukti total 889 tablet obat diduga mengandung Carisoprodol.

7. Truk Terjun Bebas di Trisakti

img

Truk setelah terjun bebas ke sungai Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Beruntung sopir dan kernet selamat. Foto-Istimewa

Insiden truk bermuatan barang yang terjun bebas ke sungai di Pelabuhan Trisakti, Sabtu (8/1) lalu, membuat heboh masyarakat Banjarmasin. Peristiwa itu terekam dalam sebuah video amatir seorang warga dan beredar luas di media sosial.

Dalam hitungan detik, dua penumpang termasuk sang sopir berhasil keluar dan menyelamatkan diri. Beruntung, kala itu sungai dalam keadaan surut dan tidak membuat truk tenggelam.

Manajemen Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Regional Kalimantan membeberkan truk kehilangan kendali akibat posisi ramp door yang cukup tinggi dan licin karena hujan. Upaya sopir saat melakukan pengereman tidak berhasil.

“Setelah kita lakukan investigasi, mobil tidak bisa naik karena kondisi ramp door (pintu rampa) kapal terlalu tinggi, dan waktu itu sedang pasang,” kata Wahyu Eko Yulianto, Regional Manager SDM dan Umum PT Pelindo III (Persero) Regional Kalimantan.

Mengantisipasi kejadian ini, manajemen melarang truk barang naik ke kapal saat air pasang.“Sementara ini saya larang, karena posisi ramp door (pintu rampa) dari dermaga ke kapal cukup tinggi. Walau gak hujan, kondisi kering tetap dilarang,” tegas Manager Pelayanan Terminal Trisakti Group A, Bheneka Pria Panca.

Komentar
Banner
Banner