Tak Berkategori

Duh, SDN Melayu 5 Banjarmasin Baru Menerima Pendaftar 6 Siswa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pertimbangan lokasi jadi perhatian orang tua siswa mendaftarkan anaknya jadi peserta didik di…

Featured-Image
SDN Melayu 5 Banjarmasin nampak depan. Foto-apahabar.com/Ahc07

bakabar.com, BANJARMASIN – Pertimbangan lokasi jadi perhatian orang tua siswa mendaftarkan anaknya jadi peserta didik di sekolah dasar.

Namun, bagaimana jika lokasinya berada di tengah kota, tapi justru malah sepi peminatnya. Hal ini dialami sekolah dasar negeri (SDN) Melayu 5 Banjarmasin.

Sejatinya lokasinya cukup strategis. Karena berada di kawasan padat penduduk. Apalagi, jaraknya bukan di pinggiran kota.

Berada di Jl Veteran, Banjarmasin Tengah, justru banyak orang tua siswa ditengarai tidak tahu keberadaan sekolah tersebut.

Tak ayal, baru 6 siswa yang mendaftar di sekolah tersebut. Sementara, proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berakhir hari ini. Besok sudah mulai pengumuman.

Kepala SDN Melayu 5 Banjarmasin, Wahdini Herawaty membenarkan hal ini. Padahal, katanya, sekolahnya lumayan strategis, apalagi berada di dekat SMPN 6 Banjarmasin.

Namun, pihaknya mengaku kesulitan untuk mendapatkan siswa tahun ini.

“Sekolah kami ini kan letaknya di dalam gang sempit, jadi kebanyakan orang tua murid tidak tahu bahwa ada sekolah (SD) di sini,” terang Wahdini ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat siang.

Baca Juga: Tinjau Sekolah, Disdik Banjarmasin Pertegas Larangan Jual-Beli Kursi

Baca Juga: Alur Pendaftaran PPDB SD Negeri 2019

Baca Juga: Tenang, SDN Gadang 2 Juga Tampung Anak Berkebutuhan Khusus

Disamping itu, katanya, kebanyakan orang tua juga mengira bahwa SDN Melayu 5 ini adalah bagian dari SMP Negeri 6 Banjarmasin.

Bahkan, Wahdini juga mengatakan ada beberapa kendala eksternal yang menyebabkan kenapa sekolahnya kurang pendaftar di tahun ini.

img

Petugas penerima siswa baru SDN Melayu 5 Banjarmasin siap ditempat. Foto-bakabar.com/Ahc07

“Ada beberapa orang tua murid mengatakan karena ada anjing yang berkeliaran. Jadi beberapa orang risih untuk menyekolahkan anaknya di sini,” ungkapnya.

Dengan kondisi tersebut, Wahdini bersama seluruh staf nya sudah melakukan sejumlah upaya. Di antaranya melakukan promosi lewat brosur yang berisi tentang profil dan prestasi sekolah.

Disamping itu, memasang banner dari ukuran kecil hingga besar di TK dan sekolah-sekolah di sekitar SDN Melayu 5 Banjarmasin. Selain itu, melakukan sosialisasi ke sejumlah TK.

“Besok juga kami akan membuka stand di sekolah yang akan memberikan pengumuman tentang calon peserta didik yang diterima. Jadi, yang belum mendapatkan sekolah bisa bersekolah di tempat kami,” sarannya.

Terlepas dari itu, ia juga berharap kepada pemerintah khususnya Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin untuk terus membantu sekolahnya dalam upaya-upaya pengembangan terhadap SDN Melayu 5 Banjarmasin.

“Kami berharap agar pemerintah terus membantu kami dalam upaya pengembangan sarana dan prasarana sekolah semisal halaman, pagar, ruang guru dan kelas,” pungkasnya.

Baca Juga:KPK Akan Sorot Pelaksanaan PPDB

Baca Juga: Tinjau Sekolah, Disdik Banjarmasin Pertegas Larangan Jual-Beli Kursi

Baca Juga:Cuma Tampung 84 Siswa, Pendaftar di SDN Pasar Lama Membeludak

Reporter: Ahc07Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner