Libur Lebaran 2023

Duh, Kuota Parkir di Yogyakarta Mulai Menipis

Sejumlah area parkir tempat wisata dan pusat perbelanjaan di Yogyakarta penuh sejak memasuki libur Lebaran 2023.

Featured-Image
Memasuki lonjakan pengunjung di masa libur lebaran, sejumlah kantong parkir mulai penuh sesak per Rabu malam (19/4). apahabar.com/Arimbi

bakabar.com, Yogyakarta - Sejumlah kantong atau area parkir tempat wisata dan pusat perbelanjaan di Yogyakarta mulai penuh sesak memasuki libur Lebaran 2023.

"Kami sudah mengantisipasi dengan menyiapkan sejumlah kantong parkir seperti Abu Bakar Ali, untuk area wisata Malioboro hingga Kraton," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho, saat dikonfirmasi bakabar.com, Rabu (19/4).

Menurut Agus, lonjakan pengunjung juga dipicu fenomena para pekerja yang sudah mendapat cuti lebaran dan palajar sudah memasuki libur.

Baca Juga: Daftar 40 Kantong Parkir Sudirman-Thamrin dan Destinasi Wisata Jakarta di Malam Tahun Baru

"Perkiraannya jumlahnya ribuan, titik kepadatannya paling ramai di daerah Malioboro dan Tugu Kantor Pos," tuturnya.

Pada H-2 lebaran masih memungkinkan terjadi pertambahan pengunjung bahkan hingga 1,5 juta mobil.

Agus memperkirakan jumlah kendaraan pribadi yang masuk Yogyakarta jauh lebih besar dibanding kapasitas kantong-kantong parkir yang ada.

Kuota Kantong Parkir di Ring 1 Malioboro Terbatas

Agus mengungkap kuota kantong parkir atau disebut satuan ruang parkir (SRP) khusus di kawasan ring I Malioboro sendiri hanya sekitar 1.600 mobil dan 4.000 sepeda motor.

"Kuota itu tersebar di sejumlah titik parkir seperti tempat khusus parkir Abu Bakar Ali, Senopati, Ngabean, Beskalan, Ketandan hingga Sriwedani," jelasnya.

Namun demikian, Agus mengakui keterbatasan lahan atau kantong parkir di Kota Yogya perlu jadi perhatian.

"Menambah kantong parkir dengan cara membongkar bangunan-bangunan yang ada jelas tidak mudah, mengingat bangunan di Kota Yogya 60 persennya cagar budaya," kata Agus.

Tempat parkir di Malioboro penuh, Rabu (19/4) (bakabar.com/arimbihp)
Tempat parkir di Malioboro penuh, Rabu (19/4) (bakabar.com/arimbihp)

Melihat besarnya antusiasme wisatawan memasuki area Jalan Malioboro yang panjangnya hanya 1,2 kilometer itu, wisatawan bisa memakai kantong parkir di luar ring 1 alias tidak harus dekat Malioboro.

"Jika kantong parkir sekitaran Malioboro penuh, wisatawan bisa parkir di lokasi lokasi alternatif yang sebenarnya juga tidak terlalu jauh dari Malioboro," kata dia.

Editor


Komentar
Banner
Banner