Tak Berkategori

Duh, FIFA Tunda Piala Dunia U-20 di Indonesia, Bagaimana Nasib Persiapan Selama ini?

apahabar.com, JAKARTA – FIFA memutuskan untuk menunda pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Bagaimana nasib…

Featured-Image
Timnas Indonesia U-19 berlatih untuk persiapan Piala Dunia U-20. Foto-PSSI

bakabar.com, JAKARTA FIFA memutuskan untuk menunda pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Bagaimana nasib persiapan selama ini?

Semula, Piala Dunia U-20 akan digelar pada 20 Mei hingga 12 Juni 2021. Namun FIFA secara resmi menunda Piala Dunia U-20 2021 sampai 2023.

Kepastian itu disampaikan FIFA dengan alasan utama menunda dua pagelaran Piala Dunia U-17 dan U-20 2021.

“Akibat pandemi Covid-19, FIFA telah memutuskan untuk menunda Piala Dunia U-20 2021 dan Piala Dunia U-17 2021.”

“Indonesia dan Peru masing-masing akan menjadi tuan rumah untuk edisi 2023,” tulis email FIFA.

Itu berarti usia para pemain timnas U-19 Indonesia sekarang ini tidak bisa berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

Kemungkinan besar timnas U-16 Indonesia asuhan Bima Sakti sekarang ini yang berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

Memang cukup disayangkan apabila timnas U-19 Indonesia sekarang ini tidak bisa tampil di Piala Dunia U-20 2021.

Apalagi, PSSI sudah mempersiapkan tim sebaik mungkin dengan menggelar pemusatan latihan sampai ke Eropa.

Timnas U-19 Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong pun sangat serius memoles timnya dengan sejumlah pemusatan latihan (training camp atau TC).

Shin Tae-yong sudah mengasah pasukannya itu di Kroasia, Jakarta, lalu Spanyol, yang direncanakan berangkat pada 26 Desember 2020.

Namun, bagai disambar petir di siang terik, Indonesia terpaksa menerima kabar yang sangat tak mengenakkan dari FIFA.

Bersamaan dengan Indonesia, Peru juga menerima kabar serupa. Peru adalah tuan rumah Piala Dunia U-17 2021.

Tak hanya itu, PSSI sudah menyiapkan 6 stadion. Antara lain Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion Manahan di Solo, Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, dan Stadion Gelora Sriwijaya di Palembang.

Lantas bagaimana nasibnya semua itu. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan akan mengadakan rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) awal pekan depan.

Rapat digelar guna membahas nasib kelanjutan persiapan Piala Dunia U-20 2021 yang sudah ditunda oleh FIFA.

Zainudin dalam keterangan tertulis yang diterima media, Jumat (23/12) mengatakan selain Menko PMK, pihaknya juga akan mengajak pimpinan pemerintah daerah terkait serta PSSI untuk ikut membicarakan masalah tersebut.

"Langkah terdekat yang segera akan dilakukan adalah mengadakan rapat koordinasi pada awal minggu depan yang akan dipimpin langsung oleh Menko PMK dan akan mengundang semua pihak terkait, baik unsur pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta PSSI," kata Zainudin.

Ada beberapa hal penting yang akan dibahas. Antara lain kelanjutan renovasi stadion dan lapangan latihan, serta nasib pembinaan tim nasional yang sudah dipersiapkan.

Komposisi timnas, menurutnya, diperkirakan berubah karena harus disesuaikan dengan usia saat event berlangsung pada 2023 mendatang.

Hal penting lainnya yang juga perlu dibahas adalah terkait waktu pelaksanaan Piala Dunia U-20 yang digelar pada tahun yang sama berbarengan dengan saat Indonesia menjadi tuan rumah pendamping Piala Dunia FIBA 2023.

"Setelah rapat koordinasi minggu depan, Menko PMK dan Menpora akan langsung menyampaikan laporan lengkapnya kepada bapak Presiden," pungkas Zainudin.

Komentar
Banner
Banner