Pemkab Barito Kuala

Dua BUMDes di Kalsel Diapresiasi Kementerian Desa PDTT

apahabar.com, MARABAHAN – Dua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kalimantan Selatan mendapat apresiasi dari Kementerian…

Featured-Image
Kepala BPSDM Kemendesa PDTT, Luthfiyah Nurlaela, bersama Bupati Batola, Hj Noormiliyani AS, meninjau stand Expo BUMDes 2021 Kalsel. Foto: Prokompimda Batola

bakabar.com, MARABAHAN – Dua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kalimantan Selatan mendapat apresiasi dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kementerian DPDTT).

Apresiasi tersebut diterima dalam Expo BUMDes 2021 Kalsel yang digelar Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BPPMDDTT) Banjarmasin di Kecamatan Alalak, Barito Kuala, Sabtu (14/11).

BUMDes yang diapresiasi tersebut adalah Anugerah Jaya Desa Nusa Indah dan Berkah Mulia dari Desa Bukit Mulia, Tanah Laut.

Sebagai bentuk apresiasi, mereka juga didorong untuk menandatangani bekerja sama dengan pihak lain.

BUMDes Anugerah Jaya Nusa Indah, misalnya. Mereka bekerja sama dengan PT Patriot dan PT Japfa Comfeed Indonesia untuk pengambilan limbah produksi dan suplai material.

Sedangkan BUMDes Berkah Mulia telah menandatangani kerja sama dengan PT Arutmin untuk angkutan batu bara.

“Kami mengapresiasi desa-desa yang mampu mendorong BUMDes bermitra dengan perusahaan untuk meningkatkan perekonomian desa,” papar Luthfiyah Nurlaela, Kepala BPSDM Kemendesa PDTT.

Sementara Expo BUMDes 2021 Kalsel diikuti 32 BUMDes dari 10 kabupaten. Batola sebagai tuan rumah mengirimkan 7 BUMDes.

Kemudian Tanah Laut 6 BUMDes, Banjar 8, Balangan 3, Tabalong 2 dan Tanah Bumbu 2, serta Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah dan Kotabaru masing-masing 1 BUMDes.

Di antara BUMDes di Batola yang mengikuti Expo BUMDes 2021 Kalsel adalah Amanah dari Desa Karang Indah dan Berkah Bersama dari Desa Karang Bunga, Kecamatan Mandastana.

BUMDes Amanah memiliki jenis usaha sapi potong dan air bersih. Sedangkan Berkah Bersama berkecimpung di bidang air bersih, wisata petik jeruk dan hilirisasi produk jeruk.

“Kami berharap Expo BUMDes 2021 Kalsel dapat dimanfaatkan sebagai media promosi, pengembangan potensi investasi desa,” sahut Bupati Batola Hj Noormiliyani AS.

“Hal yang tak kalah penting adalah kesempatan ini dapat digunakan untuk saling berbagi pengalaman dan pemberdayaan,” tandasnya.



Komentar
Banner
Banner