DPRD Banjarbaru

DPRD Banjarbaru Apresiasi Pemko Operasikan Command Center

apahabar.com, BANJARBARU – Sejumlah Anggota Komisi III DPRD Banjarbaru mengapresiasi langkah Pemkot Banjarbaru yang telah menerapkan…

Featured-Image
Anggota Komisi III DPRD Banjarbaru, Nurkhalis Anshari saat berkunjung di command center. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARBARU – Sejumlah Anggota Komisi III DPRD Banjarbaru mengapresiasi langkah Pemkot Banjarbaru yang telah menerapkan operasional Command Center, sebagai pusat kendali untuk mengetahui berbagai kegiatan pelayanan publik dan aktivitas pada sejumlah titik di kota.

Command Center juga ditunjang dengan closed circuit television (CCTV) yang dipasang pada beberapa titik, yang meliputi bundaran simpang empat, Jalan Ahmad Yani, Jalan RO Ulin serta kawasan lapangan Murdjani dan sejumlah ruang terbuka hijau lainnya, termasuk di lingkup Pemkot Banjarbaru.

"Ini langkah yang tepat dilakukan pemerintah dalam menunjang berbagai kegiatan pelayanan publik. Selain itu dengan pemasangan CCTV pada sejumlah titik akan membuat masyarakat merasa aman," ujar Anggota Komisi III DPRD Banjarbaru, Nurkhalis Anshari, Kamis (25/3).

Khalis melanjutkan, Command Center bertujuan mewujudkan program smart city dan tentunya akan sangat bermanfaat dan berdampak sangat besar bagi kemajuan Pemko Banjarbaru dan masyarakat luas.

Sebab, kata Khalis, segala informasi mengenai Kota Banjarbaru dapat diketahui dengan layanan dan fasilitas yang telah disediakan.

"Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari fasilitas tersebut. Tentunya bukan hanya pemerintah, tapi juga masyarakat," beber legislator PKS ini.

Keberadaan CCTV yang dipasang pada pusat-pusat keramaian publik, menurut Khalis tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk memantau aktivitas masyarakat. Akan tetapi fasilitas tersebut juga berfungsi untuk memonitor jika terjadi tindak kejahatan.

"Pelaku kejahatan tentunya akan berpikir dua kali kalau dia tahu pada pusat keramaian dipasang CCTV. Jadi CCTV ini saya rasa ada dua fungsi langsung, pertama memantau aktivitas dan yang kedua dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan," ujarnya.

Dirinya mengharapkan, ke depannya Command Center ini dapat dilengkapi secara detil dan update terkait data-data yang diperlukan serta dikembangkan lagi di Kota Banjarbaru.

“Misalnya terkait CCTV hendaknya ke depan, titiknya bisa ditambah dengan jangkauan yang lebih luas lagi, kemudian juga di setiap SKPD menampilkan data pendukung yang update, akurat, dan komprehensif.

"Karena ini merupakan langkah mewujudkan program smart city dan dapat menjadi salah satu ikon kebanggan Kota Banjarbaru," tandas dia.



Komentar
Banner
Banner