Pemkab Tabalong

Dongkrak Produksi Ikan Lokal, Kelompok Tani di Pugaan Tabalong Budidayakan Gabus

Kelompok Tani Bangun Tower Mandiri, Desa Pugaan RT 4, Kecamatan Pugaan, Tabalong, mengembangkan ikan lokal jenis haruan atau gabus.

Featured-Image
Pj Bupati Tabalong,Hj Hamida Munawarah, menebar benih ikan gabus untuk dibudidayakan. Foto - Prokopim Setda Tabalong

bakabar.com, TANJUNG - Kelompok Tani Bangun Tower Mandiri, Desa Pugaan RT 4, Kecamatan Pugaan, Tabalong, mengembangkan ikan lokal jenis haruan atau gabus.

Budidaya tersebut bantuan dari Pemkab Tabalong melalui Dinas Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Holtikultura (DKPPTPH) setempat.

Bantuan berupa benih dan pelatihan cara membudidayakan ikan, pertamanya dilakukan balai benih di Trenggalek, Jawa Timur.

Budidaya ditandai dengan secara simbolis oleh Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah bersama Ketua DPRD H Mustafa, Selasa (4/6).

Kepala DKPPTPH Kabupaten Tabalong, Fahrul Rajini,  mengatakan, penebaran benih haruan ini sebagai upaya pihaknya meningkatkan produksi  ikan lokal.

"Kebutuhan masyarakat terhadap ikan haruan beberapa bulan belakangan ini meningkat, sehingga budidaya ini tepat untuk dilakukan," katanya.

Melihat itu, lanjut Fahrul, pihaknya terpikir untuk belajar, dan menunjuk balai benih untuk mengikuti pelatihan di Trenggalek untuk belajar cara budidaya ikan.

"Berkat pelatihan itu para kelompok tani ini berhasil membudidayakan ikan yang menjadi salah satu konsumsi warga sehari-hari," bebernya.

"Dari pelatihan itu  mereka bisa berhasil membudidayakan ikan haruan. Saat ini yang sudah berhasil telah diketahui masyarakat sehingga pemasaran ikannya cukup mudah," terang Fahrul.

Sementara, Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah, berharap dengan pengembangan budidaya ikan haruan ini produksinya bisa meningkat setiap tahunnya.

"Kita berharap produksi ikan haruan di Tabalong berlimpah sehingga bisa meningkatkan perekonomian warga," ucapnya.

Menurut Hamida, keperluan masyarakat untuk ikan haruan cukup banyak, sehingga harganya juga cukup mahal dipasaran.

"Jadi kami berharap teruslah budidayakan ikan haruan sehingga hasilnya juga melimpah, seiring dengan itu perekonomian warga juga meningkat," tutupnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner