Kalsel

DLH Banjar Siapkan Program Kanopi Untuk Hijaukan Bekas Tambang  

apahabar.com, MARTAPURA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar siapkan membuat program kanopi untuk penghijauan di…

Featured-Image
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar, Boyke W Triestiyanto. Foto-apahabar.com/Muhammad Al Madani

bakabar.com, MARTAPURA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar siapkan membuat program kanopi untuk penghijauan di kawasan pertambangan.

Kepala DLH Kabupaten Banjar, Boyke W Triestiyanto mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan program untuk menghijaukan tambang batubara yang ada di Kabupaten Banjar dengan menanam pohon yang bisa menjadi tempat berteduh.

“Lambat laun bekas tambang ini akan menjadi akses jalan utama. Makanya kita siapkan program tersebut agar saat tambang sudah kawasan eks tambang sana akan tetap hijau dan siap untuk menjadi jalan utama,” ujar Boyke, Senin (28/10/2019).

Kanopi Banjar tersebut nantinya akan bekerjasama dengan perusahaan tambang yang ada di Kabupaten Banjar.“Agar saat batubarahabis nanti akan tetap hijau dan juga indah, tidak gersang,” ucapnya.

Dalam program tersebut, Boyke mengatakan persiapannya tidak terlalu ribet, hanya perlu berkoordinasi dan mencari waktu luang untuk saling membicarakan bagaimana bagusnya untuk program ini.

“Kalai keseluruhan memang namanya Kanopi Banjar. Tapi kalau yang menanamBharamarta nanti namanya Kanopi Bharamarta dan lainnya, jadi kita gampang untuk menghitung sudah berapa pohon yang berhasil kita tanam di sana,” ungkapnya.

Penanaman pohon di tempat tersebut juga tidak bisa sembarang, untuk jangka panjang dan jangka pendek menjadi pertimbangan dari pihak DLH Banjar.

“Jika untuk jangka panjang mahoni, namun untuk jangka pendek pihak kami akan menanam trembesi yang dalam lima tahun sudah rindang,” bebernya.

Boykemangatakan, dengan terlaksananya program Kanopi Banjar tersebut, pihak perusahaan tambang dapat mengindors. Karena belakangan ini perusahaan tersebut sempat tersendat proses regenerasi dan reklamasiakan menemukan titik terang.

“Selain itu aku juga mau mengajak mahasiswa untuk menanam pohon di kawasan tersebut,” pungkasnya.

Baca Juga: Perpustakaan Banjar Kini Ramai Dikunjungi Santri Ponpes Darussalam

Baca Juga: R-APBD 2020, Pemkab Tabalong Buat Program Jaminan Kesehatan Semesta

Baca Juga: Jembatan Sungai Gardu I Ditarget Rampung Desember

Reporter: AHC 15
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner