Pemkab Banjar

Disperindag Tera Ulang Timbangan Pedagang Emas di Pasar Martapura

apahabar.com, MARTAPURA – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Banjar melakukan tera ulang atau pengujian kembali…

Featured-Image
Wakil Bupati Banjar, Habib Idrus Al-Habsyie turut memantau kegiatan tera ulang timbangan para pedagang emas di Pasar Martapura, Kamis (18/11). Foto-apahabar.com/istimewa.

bakabar.com, MARTAPURA - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Banjar melakukan tera ulang atau pengujian kembali timbangan para pedagang di Pasar Martapura, Kamis (1/11).

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga keakuratan timbangan agar tidak ada yang dirugikan dalam transaksi jual beli.

Kegiatan tera ulang ini dipantau langsung Wakil Bupati Banjar, Habib Idrus Al-Habsyie dimana hari ini fokus mengukur timbangan para pedagang emas.

"Kegiatan tera ulang hari ini sudah teriwulan keempat tahun 2021. Kemarin (Rabu) juga sudah digelar dengan target 100 timbangan emas," ujar Habib Idrus.

Sementara Kepala Disperindag Banjar I Made Suryawati mengaku bersyukur timbangan penjual emas nyaris semuanya sudah akurat.

"Alhamdulillah pantauan dengan Wakil Bupati tadi hasilnya memang rata-rata sudah bagus dan akurat, tapi ada juga yang masih selisih sedikit," ungkapnya.

Timbangan yang masih kurang akurat langsung dibetulkan oleh tim dari Disperindag Banjar hingga benar-benar akurat.

"Kalau timbangan emas selisih sedikit pasti berdampak, selisih setengah gram saja bisa merugikan. Sekarang harga emas 900 ribu, setengah gramnya 450 ribu ini kerugian yang akan dialami oleh pembeli maupun pedagang," terangnya.

Made menambahkan, dari target 100 timbangan emas dipastikan selesai hari ini, mengingat pada 23-26 November mendatang Kabupaten Banjar akan kedatangan tim ukur pasar dari Kementerian Perdaganan RI untuk melakukan penilaian.

Kegiatan tera ulang ini juga bekerjasama dengan PD. Pasar Bauntung Batuah selaku pengelola pasar di Kabupaten Banjar.



Komentar
Banner
Banner