Pemkab Tanah Laut

Disnakerid Tala Kirim Belasan Peserta Pelatihan Operator Alat Berat ke Balikpapan

Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerind) Kabupaten Tanah Laut, berangkatkan belasan peserta, untuk mengikuti pelatihan operator alat berat ke Balikpap

Featured-Image
Kepala Disnakerind Tala Masturi. Foto-Ist

bakabar.com, PELAIHARI - Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerind) Kabupaten Tanah Laut (Tala), berangkatkan belasan peserta, untuk mengikuti pelatihan operator alat berat ke Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

Kepala Disnakerind Tala Masturi mengatakan, sebanyak 16 peserta akan mengikuti pelatihan operator alat berat, bekerja sama dengan lembaga pelatihan kerja ( LPK ) di Balikpapan.

“Peserta pelatihan operator alat berat di LPK Balikpapan, nantinya akan mendapatkan paket teknis, uji kompetensi keahlian untuk mendapatkan surat izin operator (SIO),” katanya, Selasa (3/10/2023).

Ia menjelaskan, uji kompetensi ini, peserta mengikuti pelatihan dengan standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), yang melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi. Mengingat perusahaan pertambangan dapat menerima tenaga kerja yang berkompeten.

“Maka dengan mendapatkan sertifikat kartu SIO ini tenaga kerja akan lebih mudah melamar pekerjaan di perusahan tambang,” jelasnya.

Masturi menambahkan, bagi peserta yang sudah lulus mengikuti ujian kompetensi dan memiliki kartu SIO. Melalui unit penempatan kerja, akan memfasilitasi melamar pekerjaan ke perusahaan tambang yang membuka lowongan kerja sebagai operator alat berat.

Ia berharap, dengan kemampuan yang dimiliki oleh peserta, dapat bekerja sebagai operator alat berat mengingat pasar kerja pertambangan menuntut tersedianya tenaga kerja yang berkompeten.

“Mudah-mudahan tahun berikutnya dapat dilanjutkan pelatihan serupa seperti ini, ditambah dengan jurusan yang berbeda yakni jurusan bahasa jepang,” pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner