Pemkab Tabalong

Diskominfo Tabalong Launching Program Smart City

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tabalong melaunching program Smart City, di Balai Rakyat Dandung Suchrowardi, Kelurahan Pembataan.

Featured-Image
Diskominfo Tabalong melaunching program Smart City. Foto - Prokopim Setda Tabalong

bakabar.com, TANJUNG - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tabalong melaunching program Smart City, di Balai Rakyat Dandung Suchrowardi, Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, Selasa (7/5).

Dilakukannya lauching program tersebut untuk memperisiapkan penilaian tahun 2024. 

Diketahui evaluasi Smart City ini rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Kemenkominfo untuk tingkat keberhasilan implementasi gerakan Smart City di daerah secara nasional.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tabalong, HM Noor Rifani, mengatakan,  sejak 2014 Kabupaten Tabalong termasuk satu kabupaten/kota yang dipilih Kemenkominfo Pusat, untuk menjadi roll model implementasi Smart City atau Kota cerdas.

"Pada penilaian 2023, indeks skor Smart City Kabupaten Tabalong berada di angka 3,38 dan secara nasional termasuk 8 besar dari 130 kabupaten/kota yang mengikuti evaluasi Smart City," katanya.

"Untuk tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Tabalong adalah yang tertinggi atau yang terbaik,ini merupakan prestasi yang luar biasa,” sambung H Fani sapaan akrabnya.

Fani menjelaskan, pihaknya dalam peningkatan Smart City, di antaranya sudah menyiapkan fasilitas internet gratis sebanyak 20 lokasi yang terdiri di RTH, Ruang Publik Pendidikan dan Pusat Bisnis. 

Kemudian Diskominfo juga mengandeng Dishub Tabalong untuk pemasangan CCTV, dan saat ini telah terpasang sebanyak 24 lokasi.

"Diskominfo juga memfasilitasi internet gratis di sekolah-sekolah dan di desa-desa terpencil di Bumi Sarabakawa," beber Fani.

Editor


Komentar
Banner
Banner