Nasional

Disdukcapil HST Layani Pembuatan Dokumen Kependudukan di Car Free Day Barabai

Pelayanan ini bertepatan dengan momen Car Free Day sehingga banyak pengunjung yang mendaftar untuk mengurus dokumen kependudukannya.

Featured-Image
Pelayanan Data Kependudukan oleh Disdukcapil HST saat Car Free Day di Lapangan Dwi Warna Barabai, Minggu (10/9). Foto- apahabar.com/Luthfia

bakabar.com, BARABAI - Dalam upaya peningkatan pelayanan serta kepemilikan dokumen kependudukan untuk masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mengadakan pelayanan keliling di Lapangan Dwi Warna Barabai.

Pelayanan ini bertepatan dengan momen Car Free Day sehingga banyak pengunjung yang mendaftar untuk mengurus dokumen kependudukannya.

Salah satu pengunjung Car Free Day, Ahmad Muhajir (41) mengungkapkan pelayanan ini sangat bermanfaat bagi warga masyarakat yang tidak sempat mengurus dokumen kependudukannya ke kantor Disdukcapil HST.

"Saya kebetulan lagi santai olahraga, ketika lewat saya melihat pelayanan dari Disdukcapil jadi saya coba daftar untuk memperbaharui KTP saya yang sudah buram," jelasnya.

Muhajir mengakui dalam pembaharuan KTP tidak diminta persyaratan khusus, cukup memperlihatkan KTP terdahulu kemudian KTP langsung diproses oleh petugas.

"Saya 5 tahun lalu juga pernah melakukan pembaharuan KTP dan harus memenuhi syarat dari kepala desa dan sebagainya, baru bisa ke kantor Disdukcapil," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil HST, Herry Setiawan ketika ditemui bakabar.com menjelaskan pelayanan ini berkolaborasi dengan program baru dari RHSD Barabai "Hai Darling" untuk mengecek golongan darah yang selanjutnya hasilnya akan dimasukkan datanya di elemen data kependudukan.

"Ini kesempatan bagi masyarakat karena dalam pengecekan golongan darah ini tidak dipungut biaya apapun," jelasnya, Minggu (10/9).

Kegiatan ini, kata Herry masih dalam proses uji coba dulu selama dua kali dalam satu bulan yang dilaksanakan pada hari Minggu dari pukul 07.00 WITA hingga 10.00 WITA.

"Sampai pukul 08.45 WITA, saat ini yang terdaftar ada 35 orang untuk perubahan pada elemen data kependudukan dan untuk perekaman KTP-EL ada 3 orang," jelasnya.

Herry mengatakan jika selama percobaan ini berhasil, maka kegiatan pelayanan ini akan dilaksanakan rutin satu kali seminggu di Lapangan Dwi Warna ketika momen Car Free Day.

Editor


Komentar
Banner
Banner