Borneo Hits

Disaksikan Kapolda Kalsel, Dua Pasang Calon Mendeklarasikan Pilkada Damai di Tapin

Dalam rangka menjaga situasi aman dan kondusif menjelang Pilkada 2024, Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Pol Winarto, bersama Penjabat Bupati Tapin.

Featured-Image
Polda Kalsel bersama Pemkab Tapin menggelar Deklarasi Damai Pilkada 2024 di Pendopo Galuh Bastari. Foto: Humas Polres Tapin

bakabar.com, RANTAU - Dalam upaya mewujudkan pemilihan yang aman, tertib, dan damai, Polda Kalimantan Selatan menggelar Deklarasi Pilkada Damai 2024 di Tapin.

Dilangsungkan di Pendopo Galuh Bastari, Selasa (22/10), deklarasi dihadiri dua pasangan calon yang akan berkontestasi di Pilkada Tapin 2024. Mereka adalah H Yamani-H Juanda dan Milhan-Habib Farid Assegaf.

Disaksikan Kapolda Kalsel, Irjen Pol Winarto, KPU dan Bawaslu, serta Forkopimda Tapin, kedua pasangan itu lantas mendeklarasikan komitmen menjaga agar Pilkada 2024 berlangsung aman, tertib, dan damai.

Selanjutnya kedua pasangan calon menandatangani lembar deklarasi, diikuti Penjabat Bupati Tapin dan unsur Forkopimda lain.

"Tentunya kami menginginkan deklarasi bukan sekadar seremonial, tapi janji seluruh stakeholder, pasangan calon, dan pelaksana pemilihan untuk berkomitmen menjaga kedamaian," ungkap Winarto.

Winarto juga memotivasi pasangan calon, partai pengusung dan pendukung untuk menunjukkan kepada daerah lain bahwa pelaksanaan Pilkada Tapin 2024 berlangsung damai dalam perbedaan pandangan, partai dan pilihan.

"Bagaimanapun semua pihak memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," beber Winarto.

"Tentunya setiap calon harus siap bersaing fair dan mematuhi aturan yang berlaku, serta menerima apapun hasil pemilihan dengan lapang dada. Mereka yang kalah harus menerima hasil dengan ikhlas, sementara pemenang harus siap mengemban tanggung jawab," pesannya.

Sementara Penjabat Bupati Tapin, Muhammad Syarifuddin, juga menekankan peran penting masyarakat dalam menjaga ketertiban selama Pilkada.

"Partisipasi semua pihak adalah kunci keberhasilan pilkada damai. Perbedaan pilihan adalah hal yang wajar dalam demokrasi, tetapi harus tetap dijaga rasa kebersamaan," paparnya.

"Sekaligus saya mengajak seluruh warga Tapin untuk hadir di TPS dan memberikan suara pada 27 November 2024 mendatang. Setiap suara sangat penting dalam menentukan masa depan Tapin," tutupnya.

Dalam deklarasi tersebut, terdapat empat poin kesepakatan yang diikrarkan oleh semua pihak terkait Pilkada 2024:

1. Berkomitmen menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

2. Menolak segala bentuk pelanggaran yang dapat mengganggu pelaksanaan pilkada.

3. Melaksanakan pilkada secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

4. Siap menerima hasil pilkada yang ditetapkan oleh KPU.

Editor
Komentar
Banner
Banner