Piala Asia 2023

Dirugikan Wasit, Timnas Indonesia Layangkan Protes Keras ke AFC

Gol kontroversi Irak membuat Timnas Indonesia geram. Pasukan Garuda pun kini melayangkan protes keras ke Federasi Sepakbola Asia (AFC).

Featured-Image
Timnas Indonesia menelan kekalahan 1-3 dari timnas Irak di laga perdana grup D Piala Asia 2023. Foto: dok. PSSI

bakabar.com, JAKARTA – Gol kontroversi Irak membuat Timnas Indonesia geram. Pasukan Garuda pun kini melayangkan protes keras ke Federasi Sepakbola Asia (AFC).

Pasalnya, pasukan Garuda sangat kecewa dengan putusan wasit Tantashev Ligiz yang meloloskan gol pemain Irak yang dianggap tak offside saat Indonesia dibenamkan 1-3 di laga perdana Grup D Piala Asia 2023.

“Setelah pertandingan, kami resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak. Kami sudah melayangkan formulir protes dan diserahkan langsung ke match commissioner usai pertandingan” ujar manajer timnas Indonesia Endri Erawan.

Meski sadar protes yang dilayangkan tak akan bisa mengubah hasil pertandingan. Tapi, setidak langkah tersebut diambil sebagai bahan evaluasi AFC terkait kinerja juru pengadil lapangan.

Baca Juga: Shin Tae-yong Murka, Wasit Sahkan Gol Kontroversi Irak

“Kita tahu protes ini tidak akan mengubah hasil pertandingan, tapi setidaknya untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan,” tegasnya.

Biar tahu saja, Indonesia mengawali laga perdana grup D Piala Asia 2023 dengan kekalahan dari Irak 1-3, Senin (15/1).

Di babak pertama, Indonesia lebih dulu tertinggal oleh gol Mohanan Ali di menit ke (17'). Namun, skuat Garuda sempat menyamakan kedudukan melalui Marcelino Ferdinan (37'). 

Namun, Indonesia harus menutup paruh pertama dengan ketinggal 1-2 setelah Irak mencetak gol sedikit kontroversi yang dicetak Osama Rashid di menit 45+7.

Baca Juga: Diwarnai Gol Kontroversi, Indonesia Takluk dari Irak 1-3

Pasalnya, gol tersebut sedikit berbau offside dalam prosesnya, dan wasit tidak melakukan pengecekan melalui VAR.

Indonesia kemudian berusaha mencetak gol penyama kedudukan. Namun, di menit ke-75, timnas Irak berhasil menambah pundi-pundi gol menjadi 1-3 lewat Aymen Hussein.

Hasil tersebut membuat Indonesia menghuni dasar kelasemen dengan tanpa poin, sama seperti Vietnam di peringkat 3.

Sedangkan posisi puncak ditempati Jepang yang memiliki 3 poin, sama dengan Irak yang berada di peringkat kedua. Samurai Biru unggul selisih gol.  

Editor
Komentar
Banner
Banner