Kalsel

Dinkes Banjar Terima 14 Ribu Vaksin Moderna untuk Masyarakat Umum

apahabar.com, MARTAPURA – Kurang lebih 14 ribu dosis vaksin Covid-19 merek Moderna sudah tersedia di gudang…

Featured-Image
Vaksin Moderna. Foto-detik.com/Ragil Ajiyanto

bakabar.com, MARTAPURA – Kurang lebih 14 ribu dosis vaksin Covid-19 merek Moderna sudah tersedia di gudang farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar.

Belasan ribu vaksin buatan ModernaTX Inc Amerika Serikat itu bakal diberikan untuk masyarakat umum sebagai dosis pertama.

“Sekitar dua hari lalu datang, disimpan di gudang farmasi,” ujar Kadinkes Banjar, dr Diauddin kepada bakabar.com, Jumat (20/8).

Ia melanjutkan, bagi masyarakat yang ingin divaksin Moderna, harus datang ke puskesmas pada hari kerja, untuk mengisi pendaftaran.

Namun untuk sementara ini, vaksin Moderna dipastikan hanya tersedia di beberapa puskesmas di Kabupaten Banjar, khususnya Martapura.

Alasannya, vaksin Moderna rentan rusak sehingga perlu perlakuan khusus dalam penyimpanannya.

“Pertama harus disimpan dalam suhu minus 20-25 celcius, kedua vaksin ini juga rentan rusak bila terkena goncangan,” terang Dokter Dia, sapaan akrabnya.

Karena belum yakin bisa aman saat pendistribusian, apalagi wilayah Kabupaten Banjar sangat luas, sehingga pihaknya sementara ini hanya memprioritaskan untuk wilayah Martapura saja.

Sebelumnya Dinkes Banjar juga sudah menerima vaksin Moderna, namun hanya disuntikan untuk tenaga medis sebagai booster.

Dokter Dia mengingatkan, bagi masyarakat yang sudah divaksin dosis pertama menggunakan Sinovac, tidak bisa menerima dosis vaksin Moderna.

“Saat ini sudah sekitar 11 ribu antrean untuk dosis kedua vaksin Sinovac, dan yang baru datang hanya 3 ribu dosis, jadi masih banyak antreannya,” terangnya.



Komentar
Banner
Banner