Tak Berkategori

Dikemas Berbeda, Sandiaga Uno Antusias Sambut Festival Jazz Makassar 2021

apahabar.com, JAKARTA – Diyakini bisa membuka peluang usaha, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno,…

Featured-Image
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno antusias sambut Festival Jazz Makassar 2021. Foto-net

bakabar.com, JAKARTA – Diyakini bisa membuka peluang usaha, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mendukung penuh pelaksanaan Makassar Jazz Festival 2021.

Festival Jazz Makassar sudah memasuki 12 edisi penyelenggaraan dan direncanakan berlangsung 6 hingga 7 November 2021.

Selain kembali meramaikan panggung musik di tengah pandemi Covid-19, Makassar Jazz Festival juga dikemas berbeda.

Kalau biasanya digelar di Fort Rotterdam, Makassar Jazz Festival 2021 dilangsungkan di atas kapal Pinisi.

Tempat penyelenggaraan inilah yang membuat Sandiaga Uno antusias menunggu penyelenggaran Makassar Jazz Festival 2021.

“Ini memberikan sensasi unik dan berbeda yang memadukan genre musik dunia dengan kearifan lokal berupa warisan budaya,” ungkap Sandiaga seperti dilansir Detik, Sabtu (19/6).

“Ini sekaligus mengangkat citra kapal pinisi. Tak semata sebagai alat transportasi laut, tapi bisa menjadi venue pertunjukan musik berskala internasional,” imbuhnya.

Kapal Suku Konjo yang merupakan bagian dari sub etnis Makassar di Kabupaten Bulukumba ini memang dikenal masyakarat sebagai kapal tradisional terbesar.

Keunikan seni rancang bangun dan teknologi tradisional pinisi, telah membuat Unesco menetapkan kapal itu sebagai Karya Agung Warisan Manusia sejak 7 Desember 2017.

“Pinisi sudah diakui Unesco dan kemudian menjadi tempat penyelenggaraan festival jazz dunia. Ini merupakan dua kekuatan dunia bersatu,” seru Sandiaga.

“Ini menjadi momentum besar yang harus ditangkap industri pariwisata. Itu belum termasuk dampak langsung kepada perputaran roda ekonomi daerah,” pungkasnya.

Komentar
Banner
Banner